alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

AS Putuskan Tak Beri Keringanan Soal Sanksi Impor Minyak Iran

Agus Nyomba
AS Putuskan Tak Beri Keringanan Soal Sanksi Impor Minyak Iran
Pemerintah Amerika Serikat tidak memberi keringanan kepada negara sekutu untuk mengimpor minyak Iran. Foto: Istimewa

WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan keputusan, bahwa mereka tidak memberi keringanan pada negara sekutu terkait dengan sanksi minyak mentah Iran.

Lima negara yang sebelumnya mendapat pengecualian untuk mengimpor minyak Iran seperti- Jepang, Korea Selatan, Turki, China dan India bahwa mereka tidak akan lagi dibebaskan dari sanksi AS yang berakhir pada 2 Mei.

"Kita akan kembalikan ke nol," kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan kepada wartawan setelah Gedung Putih membuat pengumuman dalam sebuah pernyataan.



"Tidak ada keringanan (minyak) yang melampaui periode itu, berhenti penuh," katanya, seraya menambahkan bahwa tidak akan ada masa tenggang bagi ekonomi-ekonomi itu untuk mematuhinya.

Amerika Serikat, yang telah terlibat dalam kampanye tekanan maksimum terhadap Teheran sejak Donald Trump berkuasa, telah memberi negara-negara waktu untuk menyapih diri dari minyak Iran, tetapi telah memutuskan bahwa keringanan tidak akan lagi dikeluarkan.

"Tujuannya tetap sederhana: Untuk mencabut rejim ilegal dana yang telah digunakannya untuk menggoyahkan Timur Tengah selama beberapa dekade dan memberi insentif kepada Iran untuk berperilaku seperti negara normal," kata Pompeo.

Keputusan untuk tidak memperpanjang keringanan, yang pertama kali dilaporkan oleh The Washington Post, diselesaikan pada hari Jumat oleh Trump, menurut pejabat yang berbicara kepada Associated Press dengan syarat anonimitas.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads