alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Bulan Suci Ramadhan, Harga Sembako Mulai Naik

Syachrul Arsyad
Jelang Bulan Suci Ramadhan, Harga Sembako Mulai Naik
Pedagang merapikan dagangannya di Pasar Panakukang Makassar. Jelang bulan suci Ramadhan harga sembako sudah mulai mengalami kenaikan. Foto: KORAN SINDO/MUCHTAMIR ZAIDE

MAKASSAR - Dua pekan menjelang bulan Ramadan, harga kebutuhan pokok di Makassar mulai naik. Dari pantauan KORAN SINDO di pasar tradisional di Makassar, kenaikan harga sembako terjadi di sektor hortikultura. Khususnya untuk bawang putih dan bawang merah, termasuk minyak goreng.

Salah satu pedagang di Pasar Terong, Cici (25) tak menampik hal tersebut. Dia mengatakan, untuk bawang putih, saat ini dijual seharga Rp45.000/kg. Naik drastis dari harga sebelumnya yang hanya Rp25.000/kg.

Sedangkan untuk bawang merah, harganya kenaikannya Rp5.000 menjadi Rp30.000/kg. "Bawang memang yang paling naik harganya. Biasanya begitu kalau mau bulan puasa," tutur Cici yang ditemui di Toko Cahaya Terong, Senin, (22/04/2019).



Dia menyebut, kenaikan harga ini terjadi sekitar seminggu yang lalu. Saat ditanya penyebabnya, Cici tak tahu pasti faktor kenaikan harga yang dimaksud.

"Saya juga ndak tahu. Tapi kan kita mengikut ji rata-rata begitu harganya sekarang," katanya.

Sementara untuk barang lainnya lanjut Cici, masih berada di kisaran rata-rata harga normal. Seperti, terigu Rp10.000/kg, telur Rp40.000/kg, minyak goreng Rp11.000/liter, lalu gula pasir Rp12.500/kg.

“Normal kalau yang lain. Bawang merah dan bawang putih ji yang naik," ujar dia.

Terpisah, Dewi (27) juga mengungkapkan kenaikan harga pada bahan pokok bawang merah dan bawang putih. Pedagang di Pasar Pabaeng-baeng ini menyebut, bawang merah dijual mencapai harga Rp50.000/kg dari harga sebelumnya Rp30.000/kg.

Sedangkan bawang putih, yang tadinya seharga Rp25.000/kg naik hingga Rp45.000/kg. "Setelah pemilu ini kemarin mulai naik harganya. Saya juga tidak tahu kenapa bisa naik. Kita kan ikut harga pasaran sekarang saja," sebut Dewi yang tengah berjualan di tokonya.

Tidak hanya itu, minyak curah juga mengalami kenaikan sebesar Rp2.500 menjadi Rp10.500/liter. Sementara beras kepala disebutnya masih normal dengan harga Rp7.500/kg, termasuk gula pasir di kisaran harga Rp12.500/kg, dan telur Rp40.000/rak.

“Kalau beras masih normal ji, gula sama terigu juga. Tapi kalau ada kenaikan yang lain, paling naik sekitar Rp2.000 itu," sebut dia.

Seperti lanjut Dewi, harga tomat, cabe merah maupun cabe rawit. Dimana harga tomat berada pada harga standar kisaran Rp12.000/kg. Sementara cabe merah Rp20.000-an/kg, dan cabe rawit bisa mencapai Rp22.000/kg.

Kepala Seksi Pengembangan dan Pembinaan Usaha Perdagangan Disdag Kota Makassar, Abdul Hamid tak menampik adanya kenaikan harga tersebut. Dia mengaku, kenaikan harga ini karena dipicu keterlambatan pasokan dari daerah.

“Kalau dibandingkan data minggu lalu, hari ini ada memang kenaikan sedikit tapi masih wajar dan normal sekitar 10% untuk bawang Putih. Biasanya faktor penyebabnya karena keterlambatan pasokan dari daerah. Tapi kami akan kros cek ke distributornya besok," kata Hamid.

Dia menambahkan, Disdag Makassar juga akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar-pasar tradisional. Dalam upaya menekan kenaikan harga sembilan bahan pokok (sembako) serta memastikan ketersedian stok dipasaran. "Iya, betul. Kami akan sidak nanti," singkat dia.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads