alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gerindra Gowa Tuding KPU Manipulasi Perolehan Suara Prabowo

Herni Amir
Gerindra Gowa Tuding KPU Manipulasi Perolehan Suara Prabowo
Ketua OKK Partai Gerindra Gowa, Muh Idris Rate, menuding KPU Gowa telah memanipulasi suara pasangan calon presiden nomor urut 2 Prabowo-Sandiaga Uno. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Ketua OKK Partai Gerindra Gowa, Muh Idris Rate, menuding Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa telah memanipulasi suara pasangan calon presiden nomor urut 2 Prabowo-Sandiaga Uno.

Manipulasi perolehan suara itu menurut dia terjadi di TPS 10 Kelurahan Parangbanoa Kecamatan Pallangga.

Kata Idris, data yang tercantum dalam hasil scan C2 pada website KPU, menunjukkan kemenangan Prabowo-Sandi dengan jumlah suara 171. Namun data yang terinput adalah sebaliknya. Dimana kemenangan di pihak Capres 01 Jokowi-Maaruf dengan suara 79 sedang Prabowo-Sandi hanya 71.



"Ada manipulasi 100 suara. Suara prabowo-Sandi hilang di website KPU. Ini fakta," ungkapnya kepada media, Selasa (23/4/2019).

Dalam format C1, jumlah seluruh suara sah adalah 250. Jumlah pemilih terdaftar (DPT) 274. Sedang pengguna hak pilih tercatat 251.

Sementara itu, Ketua KPU Gowa Muhtar Muis mengatakan, jika itu bukan kesengajaan tapi kesalahan penginputan dari operator.

"Kami sudah berkoordinasi dengan KPU RI untuk dilakukan pembetulan kesalahan penginputan," kilahnya.



(kem)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads