alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Saatnya Move On, ASN Cerdas Pakai Bright Gas

Suwarny Dammar
Saatnya Move On, ASN Cerdas Pakai Bright Gas
BRIGHT GAS. Gubernur Sulsel mendukung program subsidi tepat sasaran saah satunya ASN tidak boleh pakai elpiji subsidi. Foto: SINDOnews/Dok

MAKASSAR - Bergegas pria paruh baya itu menuju lobby sebuah kantor pemerintahan dibilangan Jalan AP Pettarani, Makassar. Ditangannya sedang menenteng 2 tabung gas melon yang dikenal sebagai tabung elpiji 3 kilo gram (kg) subsidi. Adalah Ishak, 45 tahun, ASN ESDM Sulsel.

Dengan cekatan, tangannya langsung meletakkan tabung melon diselasar koridor tempat booth sosialisasi milik Pertamina Marketing Operation (MOR) VII Sulawesi dipasang. Lalu, kemudian sambil merogoh koceknya sebesar Rp67,500 dan menyerahkan dua tabung elpiji 3 kg miliknya akhirnya Bright Gas berat 5,5 kg berhasil dibawa pulang.

Pagi itu, memang PT Pertamina MOR VII tengah melakukan sosialisasi di Kantor ESDM Provinsi Sulsel, di Jalan Pettarani Makassar dengan memasang booth informasi lengkap dengan tabung Bright Gas berwarna pink untuk kembali mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya dilingkup ESDM Sulsel agar tetap setia menggunakan Bright Gas. Dan, jikapun masih menggunakan elpiji 3 kg saatnya untuk menggantinya.



Mendukung program tersebut, PT Pertamina menghadirkan kegiatan dengan mengusung program Sambut Ramadhan Bareng Bright Gas, dengan Edisi ASN Cerdas pakai Bright Gas. PT Pertamina memberikan banyak promo menarik terhitung 23 April hingga 3 Mei 2019.

Menurut Operation Areal Manager LPG Pertamina MOR VII Sulawesi, Hanggowo Wicaksono, ini tindak lanjut Pertamina sebagai respon atas dikeluarkannya surat edaran Gubernur Sulsel, yang mendukung program subsidi tepat sasaran saah satunya ASN tidak boleh pakai elpiji subsidi.

Makanya, sebagai bentuk apresiasi dibuatkan promo khsusus ASN yang pakai elpiji 3 kg bisa ditukar, bisa refill Bright Gas dan bisa beli baru Bright Gas.

“Promo ini baru dijalankan dengan menyasar tidak saja penukarannya di kantor ESDM Sulsel, tapi juga di kantor Pertamina Jaaln Garuda, di toko retail dan di SPBU Jalan Ratulangi dan Hasanuddin dengan target transaksi 2.000,” ujarnya, kemarin.

Dia menuturkan, khusus program ini menyasar sembilan lokasi di area Sulawesi, yakni Makassar, Mamuju, Parepare, Palopo,Kendari, Palu, Manado, Gorontalo dan Kotamobagu. Dimana, untuk setiap ASN yang menukarkan dan isi ulang Bright Gas mendapatkan gratis 2 liter minyak goreng dengan menyertakan kartu pegawai dan KTP.

“Untuk ASN yang bertransaksi dibatasi 1 ID hanya diperbolehkan satu kali transaksi maksimal 2 tabung per transaksi. Tujuannya agar semua ASN dapat memanfaatkan kesempatan ini, apalagi memang antusias program cukup besar dengan banyak kemudahan yang dihadirkan,” tuturnya.

Bright Gas dilengkapi teknologi valve ganda yang berfungsi mengurangi tekanan gas berlebih dan juga sudah dilengkapi dengan segel hologram, sehingga isinya lebih terjamin dan konsumen bisa langsung mengetahui apakah tabung elpiji tersebut asli atau tidak.

Sementara itu, Kabid Pengendalian dan Evaluasi ESDM Sulsel Andi Ishak menuturan, memang sejak 2017 sudah massive diberikan sosialiasi berkolaborasi Pertamina untuk ASN menggunakan Bright Gas.

Hal itu sejalan dengan surat edaran yang pernah dikeluarkan Pemerintah Sulawesi Selatan nomor : 541/7472/DESDM tertanda Gubernur Sulsel kala itu Syahrul Yasin Limpo.

Dimana, dalam surat yang dikeluarkan oleh Gubernur Sulsel menyebutkan berdasarkan peraturan Menteri Energi dam Sumber Daya Mineral (ESDM) RI nomor 26 tahun 2009, tentang penyediaan dan pendistribusian eloiji 3 kg merupakan elpiji tertentu yang mempunyai kekhususan dengan kondisi tertentu seperti kemasan dan penggunaannya, volumenya yang masih harus diberikan subsidi dan diperuntukkan bagi konsumen rumah tangga usaha mikro dengan kriteria tertentu.

“Memang imbauan agar elpiji 3 kg ini tepat sasaran sudah lama disampaikan, dan boleh dibilang ASN ESDM semuanya sudah move on menggunakan Bright Gas. Pada sosialiasi awal tahun 2017 100an lebih ASN ESDM sudah menukarkan dan menggunakan Bright Gas. Hari ini (kemarin), sudah ada juga penukaran sampai 20 tabung termasuk melakukan pembelian,” paparnya.

Dipastikan antusias ASN semakin besar, karena banyak keuntungan diberikan Pertamina. Tak hanya hadiah, tapi kemudahan memiliki Bright Gas bisa diantarkan ke lokasi rumah dengan menghubungi contac center 1 500 000.

Terpisah, ASN Pemprov Sulsel lainnya, Sry Astuty mengaku sangat senang bisa menggunakan Bright Gas, selain tampilan produknya kekinian dan mentereng dengan warna pinknya dari isi lebih ekonomis dan hemat.

“Kalau kami ibu-ibu suka sekali dengan tampilannya, selain itu ekonomis ada dua pilihan bisa yang sedang-sedang saja ukuran 5,5 kilo gram dan ada paling besar 12 kg. selain itu, dari penjelasan petugasnya lebih aman dari produk sebelumnya,” paparnya.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif