Unhas Bakal Buka Prodi Teknologi Pakan Ternak dan Wisata Bahari di Barru

Jum'at, 27 November 2020 - 08:33 WIB
loading...
Unhas Bakal Buka Prodi Teknologi Pakan Ternak dan Wisata Bahari di Barru
Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar bakal membuka dua program studi di Kabupaten Barru. Foto: Muhammad Subhan
A A A
BARRU - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar bakal membuka dua program studi di Kabupaten Barru , masing-masing yakni Teknologi Pakan Ternak dan Wisata Bahari. Tidak berhenti sampai di situ, Unhas mempertimbangkan membuka kampus di daerah tersebut.

Pembukaan dua prodi itu merupakan tindaklanjut atas Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru dan Unhas pada September lalu. Kala itu, MoU diteken oleh Bupati Barru, Suardi Saleh dan Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Barru, Abustan mengungkapkan, pembukaan dua prodi merupakan hasil kesepakatan dalam rapat lanjutan dengan pihak Unhas di Kampus Tamalanrea, Kota Makassar, Rabu (25/11/2020) lalu.

"Alhamdulillah, tim dari Pemkab Barru bersama tim Unhas sudah hampir sepakat membuka dua prodi di Kabupaten Barru yaitu Teknologi Pakan Ternak dan Wisata Bahari," ucap Abustan, Kamis (26/11/2020).



Kerja sama Pemkab Barru dengan Unhas bukan sekadar jangka pendek berupa kelas jauh. Bahkan sedang dipertimbangkan untuk membuka Kampus Unhas di Barru yang representatif.

Abustan menegaskan, pihaknya sangat mendukung rencana tersebut. Musababnya, akan berimplikasi positif pada pengembangan SDM dan potensi daerahnya. Terlebih, Barru kini bersiap menjadi penyokong ibukota negara baru di Pulau Kalimantan.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik Unhas, Prof Muhammad Restu, menyampaikan skema pembukaan prodi di Barru perlu dimatangkan. Terlebih, memasuki awal tahun ajaran baru.



Restu mengharapkan agar sosialisasi dibukanya Unhas di Barru dilakukan sebaik mungkin agar serapan mahasiswanya sesuai harapan.

"Kalau peternakan dan perikanan, saya kira ini sudah pengalaman dan tidak akan sulit. Proses pembelajaran nanti, kita harus siap dari sarana prasarana pembelajaran sehingga perlu bicara lebih detail untuk ini," urai dia.

Restu bahkan meminta untuk dipertimbangkan untuk membuka Kampus Unhas di Barru. Harapannya, agar secara jangka panjang dapat dikembangkan program akademik, sehingga representasi Unhas di Tamalanrea akan ada di Barru.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)