alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kelangkaan Elpiji 3 Kg Mulai Terjadi di Polman Jelang Ramadan

Asrianto Suardi
Kelangkaan Elpiji 3 Kg Mulai Terjadi di Polman Jelang Ramadan
Menjelang bulan Ramadan, kelangkaan elpiji 3 Kg di Kabupaten Polman mulai terjadi. Ada pun harga ecerannya telah mencapai Rp22 ribu hingga Rp25 ribu per tabung. Foto: Asrianto Suardi/SINDOnews

POLEWALI - Menjelang bulan Ramadan, kelangkaan elpiji 3 Kilogram (Kg) di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) mulai terjadi. Ada pun harga ecerannya telah mencapai Rp22 ribu hingga Rp25 ribu per tabung.

"Mahal dan susah didapat. Tadi saya beli 25 ribu per tabung. Ini keliling cari baru dapat," sebut Wiwik, salah satu ibu rumah tangga warga BTN Marwah Regency 9, Kecamatan Matakali, Polman, Sulbar, Rabu (24/04/2019).

Hal yang sama juga dikeluhkan warga Kelurahan Lantora, Edwin. Dia mengaku kesulitan mendapatkan tabung gas melon. Ia telah berkeliling hingga sejauh 7 kilometer untuk mencari elpiji bersubsidi itu.



Sementara Maskur, salah satu pemilik pangkalan di Jalan Kartini Polewali mengatakan, kelangkaan ini akibatkan program tidak tepat sasaran.

Jatah yang diperolehnya hanya berkisar 500 tabun setiap pekan. Sementara permintaan konsumen disebut semakin meningkat.

"Banyak warga dari kalangan mampu tapi masih menggunakan tabung 3 kilo. Padahal itu kan sudah sangat jelas, tabung 3 kilo hanya diperuntukkan kepada waga miskin," bebernya.

Seraya yang disampaikan Kepala Bidang Standarisasi Dinas Perindustrian dan Pergadangan (Disperindag) Polman, Salma Pida. Menurutnya, kondisi ini disebabkan banyaknya masyarakat berpenghasilan tinggi ikut mengkonsumsi elpiji bersubsidi ini.

"Banyak kalangan mampu yang masih menggunakan tabung subsidi, padahal di situ kan sudah sangat jelas bahwa tabung 3 kilo gram hanya untuk masyarakat miskin," pungkasnya.

"Bagi masyarakat yang telah mampu harus menggunakan tabung gas pink non subsidi ukuran 5,5 kilo gram," sambungnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif