alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPU Sulsel Kebut Persiapan Pemungutan Suara Ulang di Sejumlah Daerah

Luqman Zainuddin
KPU Sulsel Kebut Persiapan Pemungutan Suara Ulang di Sejumlah Daerah
Pengisian C6 atau pemberitahuan memilih di kelurahan Masale, Kecamatan Manggala, kota Makassar, Rabu (24/4/2019). Foto: Istimewa

MAKASSAR - Deadline pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tinggal 2 hari lagi. Penyelenggara di Sulsel kini tengah mengebut persiapannya.

Di Sulsel, ada 74 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dipastikan menggelar PSU 27 April lusa. TPS itu tersebar di 14 kabupaten/kota. Sejumlah kebutuhan untuk persiapan PSU saat ini terus dimatangkan penyelenggara.

Malam kemarin, surat suara untuk kebutuhan PSU di sejumlah kabupaten/kota tengah disortir di sekretariat KPU Sulsel. Tahap penyortiran dilakukan hingga larut malam. Hal itu harus dilakukan mengingat distribusi akan dilakukan sehari setelah sortir, atau Kamis (25/4/2019) hari ini.



"Sedang kita sortir di KPU Provinsi malam ini, insya Allah besok sudah ada yang distribusi khususnya 2 pulau di Pangkep dan segera berangkat juga yang Luwu Timur dan Toraja Utara," terang Komisioner Divisi Logistik KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi lewat pesan Rabu (24/4/2019) malam.

Sementara di Makassar, hingga pukul 22.00 malam kemarin, form C6 atau pemberitahuan memilih untuk TPS 44 di kelurahan Masale, Kecamatan Manggala yang menggelar PSU masih dalam proses pengisian. Selanjutnya, C6 itu akan disebar kepada pemilih hari ini.

"Penulisan C6 di kelurahan Masale. Besok C6 mulai didistribusikan ke pemilih," ucap komisioner divisi teknis penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar, Rabu (24/4/2019).

Sebelum itu, KPU Makassar kata Gunawan juga telah memberikan bimbingan teknis (Bimtek) untuk KPPS yang akan melakukan PSU di 17 TPS. Bimtek itu kata Gunawan untuk mengkoordinasi sekaligus mematangkan pengetahuan KPPS mengenai pemungutan dan penghitungan suara. Khususnya mengenai pemilih yang dibolehkan masuk memilih di TPS.

"Untuk logistik, seperti surat suara, kotak suara, bilik suara, dan formulir-formulir kelengkapan TPS, sekarang sudah diajukan dan disiapkan. Sementara untuk C6 dan DPT akan mulai didistribusikan malam ini ke KPPS," kata Gunawan.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads