alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rekapitulasi Suara di Tingkat Kecamatan Lambat, Ini Sebabnya

Luqman Zainuddin
Rekapitulasi Suara di Tingkat Kecamatan Lambat, Ini Sebabnya
Suasana penginputan perolehan suara peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 melalui mekanisme sistem perhitungan (situng) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar. Foto: Sindonews/Maman Sukirman

MAKASSAR - Rekapitulasi suara di tingkat kecamatan di kota Makassar sampai saat ini belum rampung. Hingga H+8 pasca pencoblosan, dari 15 kecamatan, baru Sangkarrang yang menyelesaikan rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Komisioner Divisi Penyelenggaraan Pemilu KPU kota Makassar, Gunawan Mashar mengakui ada pelambatan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Penyebabnya, ada banyak hal-hal yang tidak substantif yang justeru diperdebatkan oleh saksi, pengawas pemilu, dan pihak PPK.

"Hari pertama, cukup lambat. Dugaan kami, masih semangat semua meskipun hal kecil, dan tidak urgen diprotes. Seiring dengan berjalannya, di forum juga mulai sadar, lebih mengutamakan hal yang urgent. Mulai memperhatikan efektifitas," kata Gunawan di sekretariat KPU kota Makassar Jalan Perumnas Antang, Kamis (25/4/2019).



Di samping itu, data pemilih serta suara yang tidak sinkron dalam C1 kata dia, kerap diperdebatkan. Bahkan, bisa sampai memakan waktu hingga 3 jam.

"Hanya saja, memang ada kendala-kendala alotnya perdebatan, yang bisa makan waktu, hingga 2-3 jam. Ada perdebatan data pemilih. Penyingkronan jumlah suara. Tapi, kami anggap itu sebagai dinamika rekap. Di rekap inilah letaknya, pemurnian dan perbaikan hasil Pemilu," ucap dia.

Gunawan mengaku sudah mengusulkan mekanisme untuk mempercepat rekapitulasi di tingkat kecamatan. Salah satunya, dengan cara menambah panel paralel dari 4 menjadi 5 atau lebih. Namun, itu masih sekadar usulan. Karena, harus ada persetujuan dari Badan Pengawas Pemilu.

Ia menargetkan, rekapitulasi tingkat kota Makassar bisa dilakukan pada 29 April nanti. Sekalipun, rekapitulasi kecamatan belum semua rampung.

"Rekap tingkat kota tidak harus mulai menunggu semuanya, kalau ada 7 kecamatan selesai, rekap kota sudah bisa mulai. Tanggal 29 rekap kota sudah bisa kita mulai. Laporan yang sudah masuk, sudah selesai Sangkarrang, kemudian yang progresnya tahap akhir adalah Ujung Tanah dan Mamajang," pungkas Gunawan.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook