Kasus Virus Corona di Rusia Melonjak, Terbanyak ke 3 di Dunia

Senin, 11 Mei 2020 - 21:41 WIB
loading...
Kasus Virus Corona di Rusia Melonjak, Terbanyak ke 3 di Dunia
Kasus virus Corona di Rusia melonjak tajam. Foto: Istimewa
A A A
MOSKOW - Kasus infeksi Virus Corona di Rusia mengalami lonjakan yang signifikan, bahkan saat ini menjadi terbanyak ketiga di dunia di bawah Amerika Serikat dan Spanyol.

Kasus lonjakan tersebut tercatat pada hari Senin, beberapa jam sebelum Presiden Vladimir Putin akan mengeluarkan pembaruan pada situasi baru di negara itu.

Jumlah kasus baru dari coronavirus novel meningkat dengan jumlah harian ke 11.656 dalam 24 jam sebelumnya, membuat perhitungan resmi 221.344. Hanya Spanyol dan Amerika Serikat yang mencatat lebih banyak kasus daripada negara terbesar di dunia.

Lebih dari separuh dari semua kasus dan kematian berada di Moskow, pusat penyebaran wabah Rusia. Ibukota Rusia pada hari Senin melaporkan peningkatan semalam 6.169 kasus baru, sehingga total resminya menjadi 115.909.

Pusat tanggapan coronavirus di negara itu juga melaporkan 94 kematian baru, menjadikan jumlah kematian keseluruhan menjadi 2.009. Angka kematian resmi masih jauh lebih rendah daripada di banyak negara.

Data resmi yang diterbitkan pada hari Minggu menunjukkan Moskow melaporkan 18% lebih banyak kematian pada bulan April tahun ini daripada bulan yang sama pada tahun 2019, meningkatkan kemungkinan bahwa jumlah korban tewas resmi dari COVID-19, penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus, secara serius mengecilkan penyebaran virus tersebut.

Pejabat pemerintah mengaitkan angka kematian yang lebih rendah dan meningkatnya dan sejumlah besar kasus dengan program pengujian yang luas, di mana mereka mengatakan 5,6 juta tes telah dilakukan.

Kata mereka, telah memungkinkan dokter untuk dengan cepat mengidentifikasi orang yang membutuhkan perawatan medis dan memastikan mereka menerimanya secara tepat waktu.

Putin dijadwalkan akan mengadakan pertemuan pada hari Senin, hari libur umum di Rusia, di mana ia diharapkan untuk memberikan informasi terbaru tentang situasi tersebut kepada negara.

Pada akhir bulan lalu, ia memperpanjang langkah-langkah penguncian virus korona hingga 11 Mei dan memerintahkan pemerintahnya untuk memulai persiapan pengangkatan trotoar secara bertahap mulai pertengahan Mei.

Putin mengatakan kepada Rusia pada saat itu bahwa hari-hari terburuk wabah masih di depan. Dua hari kemudian, Perdana Menteri Mikhail Mishustin mengumumkan bahwa ia terkena virus dan perlu untuk sementara waktu menyingkir.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)