TOPIK TERPOPULER

3 Unit Bus Wisata di Kota Makassar Beroperasi Desember

Vivi Riski Indriani
3 Unit Bus Wisata di Kota Makassar Beroperasi Desember
Bus wisata Pemkot Makassar akan beroperasi pada akhir tahun nanti. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Tiga unit truk sampah sementara proses modifikasi menjadi bus wisata ditarget sudah bisa digunakan pada awal Desember nanti.

"Insyaallah awal Desember kita sudah launching, ada tiga unit dan itu langsung jalan," kata Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, Jumat, (27/11/2020) kemarin



Rudy mengakui operasional ketiga bus itu sedikit terlambat. Alasannya, desain bus itu masih perlu pembenahan. Apalagi, bus ini didesain sedemikian rupa agar bisa memberi rasa nyaman kepada masyarakat.

Baca Juga: BPKAD Target Lelang Randis Pemkot Makassar Akhir November

"Jadi memang kita tunda sedikit karena kita mau mantapkan desainnya," ujar dia.

Meski gratis untuk umum, namun Rudy berharap agar bus ini mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Makassar.

Terlebih lagi menurut dia, sektor pariwisata dan investasi dianggap mampu menggerakkan perekonomian Kota Makassar.



"Nanti ini akan menjadi sumber PAD tanpa masyarakat harus membayar. Jadi dari iklan, kan lebih bagus kalau iklannya dipasang di mobil lebih bergerak daripada di reklame sifatnya statis," beber Rudy.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Mario Said telah menentukan rute yang akan dilalui bus wisata. Hanya tinggal menunggu busa yang sudah dimodifikasi dari kecamatan.

"Sudah ada rutenya, kita tinggal tunggu busnya baru kita pasang papan bicaranya," kata Mario.

Ada tiga koridor dengan 29 halte yang disiapkan. Khusus koridor satu, ada tujuh halte yang akan disinggahi dengan rute start dan finish di Jalan Datu Museng depan RS Stela Maris.

Baca Juga: Pemkot Makassar Izinkan Bioskop Beroperasi

Sedangkan, koridor dua dan tiga masing-masing 14 halte. Kedua koridor iru start dan finish di Anjungan Pantai Losari. Bedanya, bus dari koridor tiga masuk ke kawasan kuliner lego-lego CPI.

"Bus ini menyasar empat jalur utama, Jalan Penghibur, Ahmad Yani, Jendral Sudirman dan Haji Bau," tutur Mario.

Diketahui, pembuatan truk sampah jadi bus wisata dilakukan oleh PT Karya Baru Tinumbu. Lokasinya di area tol. Ukuran kendaraan lebih menyerupai mini bus dengan daya tampung maksimal 20 penumpang.

Bus memiliki panjang dua meter dan lebar delapan meter. Bagian interior di bagian dalam akan dipasang dua kursi memanjang yang saling berhadapan.

Dari tampak luar, bodi bus didominasi warna merah. Bentuknya pun cukup ikonik. Cukup mewakili identitas bus yang digunakan untuk wisata. Kursinya pun didesain khusus. Yang masing-masing mampu menampung hingga lima orang.

Sesungguhnya sudah ada satu unit yang sudah bisa uji coba diakhir November. Namun Pemkot ingin mengerahkan dan memperkenalkan ketiga bus sekaligus, awal Desember bus bisa diperkenalkan kepada publik.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!