alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

60 Kepala Keluarga Diusulkan Dapat Bantuan Kredit Perumahan

Arisman Majid
60 Kepala Keluarga Diusulkan Dapat Bantuan Kredit Perumahan
Foto : Istimewa

BANTAENG - Sebanyak 60 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Bantaeng yang masuk kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS), telah diusulkan untuk memperoleh bantuan kredit perumahan dengan bunga ringan.

Pemberian bantuan kredit perumahan tersebut diungkapkan, Kepala Bidang Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PKPP) Amiruddin.

"Alhamdulillah kita telah mengusulkan sebanyak 60 KK untuk mendapatkan kredit kepemilikan rumah kepada pemerintah lewat Bank yang sudah ditunjuk pemerintah dalam program ini," ujar Amiruddin, saat di temui di salah satu warkop di jalan Andi Mannappiang, (15/12/2017)

Menurut dia, Pemberian bantuan kredit ini didasarkan adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara kementeriaan Pekerjaan Umum melalui Dirjen Pembiayaan Perumahan dan Bank BRI serta Bank Kesejahteraan Ekonomi yang bermitra dengan koperasi.

Pembiayaan perumahan itu, kata dia, diperuntukkan bagi warga yang berpenghasilan rendah dan belum punya rumah. Termasuk PNS golongan rendah. Minimal kredit yang diberikan Rp50 juta. Hanya saja, suku bunga bantuan ini masih dirapatkan karena suku bunga masih dirasa cukup tinggi.

Dari hasil rapat koordinasi di kementerian, diminta suku bunga kredit untuk warga yang MBR bisa diturunkan dari 1 persen menjasi 0,6 persen. Sedangkan PNS tetap 0,8 persen. "Semoga ini bisa terealisasi," Tambahnya

Disebutkan, lewat program ini Kabupaten Bantaeng menjadi pilot projek Nasional untuk program pembiayaan perumahan di Sulawesi Selatan (Sulsel). Jika ini berhasil maka program tersebut akan diterapkan diberbagai daerah di Indonesia.

"Intinya program ini bertujuan untuk memudahkan akses masyarakat untuk kredit perumahan ke Bank. Kredit ini bisa dilalukan sampai 5 tahun dengan suku bunga ringan," tutupnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads