alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Raih Banyak Kursi di Daerah, Perindo Yakin Lolos PT

Puguh Hariyanto
Raih Banyak Kursi di Daerah, Perindo Yakin Lolos PT
PERINDO. Perolehan suara Perindo di berbagai daerah cukup signifikan. Hal itu membuat Perindo optimis lolos Parlimentiary Threshold alias ambang batas parlemen 4%. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman

JAKARTA - Perolehan suara Partai Perindo di berbagai daerah cukup signifikan. Hal itu membuat Perindo optimis mampu melampaui Parlimentiary Threshold (PT) alias ambang batas parlemen 4%.

Sekjen Partai Perindo, Ahmad Rofiq, mengatakan saat ini belum semua daerah melaporkan perolehan suara. Tetapi dari data sementara dari berbagai daerah, Perindo mencatatkan perolehan suara signifikan. Hal itu tercermin dari banyaknya kursi DPRD yang diperoleh, baik untuk DPRD Provinsi maupun kabupaten/kota.

"Di Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung sampai Indonesia Timur Perindo banyak dapat kursi," ungkapnya.



Rofiq juga mengatakan dari laporan sementara di Pulau Jawa Perindo juga banyak mendapatkan kursi.

Keberhasilan meraih banyak kursi tersebut, menurut dia tak lepas dari struktur partai yang mengakar di berbagai daerah dan program-program aksi nyata Perindo, yang membantu dan membangun masyarakat terus menerus secara konsisten.

Dalam catatannya, Partai Perindo sangat diterima di daerah-daerah yang minim dengan aroma money politic. Serangan fajar dalam Pemilu 2019 dinilainya merata di seluruh daerah, namun yang paling masif terjadi di Pulau Jawa.

Rofiq mengajak kepada seluruh caleg untuk bersatu padu mengawal penghitungan suara di tingkat kecamatan. "Seluruh caleg harus bersatu padu, harus bekerja sama. Kalau kita tidak memperkuat itu, maka kita akan banyak kehilangan suara," imbuhnya.

Dengan pengawalan bersama, Rofiq mengatakan suara masyarakat yang telah diberikan kepada Partai Perindo itu dapat tercapai dengan baik. Oleh karena itu, pengawasan menjadi poin penting untuk memastikan perolehan suara yang diterima merupakan hasil penghitungan yang adil dan jujur.

Hasil rekapitulasi akhir dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara nasional rencananya diumumkan pada 22 Mei 2019. KPU akan menggunakan penghitungan manual berjenjang untuk memutuskan hasil akhir Pemilu 2019.

"Kita masih punya waktu dan kita punya optimisme untuk lolos parliamentary threshold, maka semua harus bekerja sama, harus bergotong royong untuk mengamankan," katanya.

Sebelumnya, hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis ada 10 besar partai yang berpotensi lolos ke parlemen, satu di antaranya adalah Partai Perindo.

Hitung cepat tersebut mengambil sampel 2.000 TPS dari total 813.350 TPS. Margin of error dari hitung cepat tersebut sekitar 1%.

Perolehan Partai Perindo berdasarkan hitung cepat LSI Denny JA mencapai 3,18%. Dengan adanya estimasi margin of error hitung cepat 1%, maka Perindo berpeluang lolos ambang batas parlemen pada Pileg 2019.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook