TOPIK TERPOPULER

Mentan SYL Resmikan Unit Penggilingan Padi Bernilai Rp530 Juta di Bulukumba

Eky Hendrawan
Mentan SYL Resmikan Unit Penggilingan Padi Bernilai Rp530 Juta di Bulukumba
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meresmikan unit penggilingan padi di Bulukumba. Foto: Eky Hendrawan.

BULUKUMBA - Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Syahrul Yasin Limpo (SYL) berkunjung ke Kabupaten Bulukumba. Kedatangan mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode ini untuk meninjau dan meresmikan Rice Milling Unit (RMU) atau Unit Penggilingan Padi yang terletak di Desa Tanah Harapan, Kecamatan Rilau Ale, Minggu (29/11/2020).

SYL menilai, RMU yang dibangun dengan anggaran pusat sebesar Rp530 juta itu menghasilkan beras yang bagus."Saya cek tadi, hasilnya bagus. Berasnya sekelas beras kepala," beber Syahrul.



Pertanian, kata Syahrul, sangat penting oleh karena sektor ini bisa bertahan di setiap kondisi. Sebagai contoh di tengah pandemi COVID-19 ini, sektor pertanian masih menunjukkan kinerja yang positif. Jika sektor pertanian mengalami goncangan, maka akan turut mempengaruhi sektor lainnya.

"Buktinya uang yang berputar sekarang ini di Indonesia, konstribusinya 16,4 persen dari sektor pertanian," ungkapnya.

Baca Juga: Banyak Upacara Adat, Mentan Mau Kembangkan Bisnis Hewan Ternak

Lanjut SYL, pertanian adalah sektor yang bisa diandalkan saat situasi krisis akibat pandemi COVID-19. Saat daya beli masyarakat secara umum turun, bahkan di seluruh dunia, maka bisnis yang masih berprospek cerah adalah yang bergerak dan berkaitan dengan bidang pertanian.

"Jika yang lain bisa ditunda, tapi kebutuhan makan tidak bisa ditunda," bebernya.



Sementara itu, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dalam sambutan penerimaannya, menyampaikan selamat datang kepada Menteri Pertanian yang juga tidak lain adalah mantan Gubernur yang pemimpin Sulawesi Selatan selama dua periode. Sehingga, Mentan sudah tidak asing bagi Bulukumba.

Kunjungan kerja ini merupakan upaya Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Kabupaten mewujudkan peningkatan pembangunan sektor pertanian, yang salah satunya terkait dengan peningkatan sarana prasarana pertanian seperti penggilingan padi RMU.

Bupati menjelaskan, capaian komoditi padi dari Januari sampai Oktober 2020 adalah Luas Tanam: 44.222, 45 Ha, Panen: 43.548,18 ha, Produksi: 281.017,82 Ton dan Produktivitas: 64,53 Kw/Ha.

Baca Juga: Rilis 5 Nama Calon Komisioner KI, Penilaian DPRD Bulukumba Disoroti

"Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba berharap Menteri Pertanian memberikan perhatian besar terhadap pengembangan pertanian Bulukumba dengan menambah anggaran bantuannya ke Bulukumba," pinta AM Sukri Sappewali.

Turut hadir mendampingi Menteri Pertanian dalam kunjungan kerjanya, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dirjen Perkebunan dan Kepala Badan Karantina Pertanian. Keempatnya tiba di Bulukumba menggunakan helipad dan mendarat di Lapangan Pemuda.

Sebagai informasi tambahan, pada kesempatan tersebut, Mentan juga menyerahkan secara simbolis bantuan Kelapa Genja sebanyak 3.000 pohon, benih sayuran 9 jenis, jalan usaha tani 7 ruas dengan total panjang jalan 4.800 meter.

Serta, SYL juga meminta agar RMU yang diresmikan tersebut ditambah dengan Dryer (alat pengering) yang besar senilai Rp 600 juta di awal tahun 2021.

Baca Juga: Jadwal Pelaksanaan Belajar Tatap Muka di Bulukumba Belum Bisa Dipastikan



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!