TOPIK TERPOPULER

Dinkes Takalar Optimistis Puskesmas Tanakeke Beroperasi Optimal Januari 2021

Herni Amir
Dinkes Takalar Optimistis Puskesmas Tanakeke Beroperasi Optimal Januari 2021
Bupati Kabupaten Takalar, Syamsari Kitta saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah kepuluan di Takalar. Foto: Humas Pemkab Takalar

TAKALAR - Setelah mendapat kode register kecamatan, kini Kecamatan Kepulauan Tanakeke, Kabupaten Takalar mendapat kode register untuk pembukaan puskesmas.

Kode registrasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel ini didapatkaan tepat setelah satu tahun peresmian puskesmas oleh Bupati Takalar, Syamsari Kitta.



Baca juga: Bupati Takalar Serahkan KUA-PPAS Tahun 2021 ke Dewan

Dengan registrasi No:440.1.2/12721/Diskes hasil penilaian kelayakan registrasi puskesmas, maka puskesmas Pulau Tanakeke yang terletak di Desa Maccini Baji, Dusun Dande-Dandere, berhak diberikan rekomendasi puskesmas, dengan kategori kemampuan pelayanan rawat inap.

Dengan diperolehnya nomor registrasi ini, maka pelayanan kesehatan di kecamatan yang baru terbentuk tersebut, ditargetkan optimal beroperasi Januari 2021.

"Registrasi ini dari Dinkes Provinsi Sulsel. Selanjutnya, Kami masih ke Kemenkes dan Pusdatin pusat bulan Desember ini untuk mengurus registrasi pusatnya juga di Jakarta. Setelah keluar registrasi dari pusat, maka PKM Tanakeke sudah bisa beroperasi secara maksimal. Insyaallah," papar Kadis Kesehatan Takalar, dr Rahmawati, Minggu (29/11/2020).

Lebih lanjut, dr Rahma menjelaskan, untuk registrasi puskesmas akan diselesaikan tahun ini. Adapun beberapa tahapan yang masih harus diselesaikan di antaranya pengunggahan rekomendasi Dinkes Sulsel ke aplikasi, agar bisa mendapatkan registrasi sementara. Kemudian untuk izin operasional, bisa diselesaikan setelah nomor registrasi Pusdatin terbit.



Baca juga: Pemkab Takalar Kucurkan BLT Dana Desa Tahap II ke Warga

Sembari menunggu nomor registrasi dari pusat, pihaknya akan melengkapi alat dan tenaga medis yang akan ditempatkan di puskesmas untuk melayani masyarakat.

"Meskipun dalam kondisi masih pandemi, kita berupaya terus untuk segera membuka pelayanan di PKM Tanakeke. Ini semata-mata untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan inilah tujuan utama dari Bapak Bupati agar masyarakat pulau jika sakit tidak perlu jauh-jauh naik perahu ke daratan, cukup di puskesmas Tanakeke saja karena dokternya juga sudah ada, jadi bisa langsung melayani," pungkas dr Rahma.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!