alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lewat Video, Guaido Ajak Militer Venezuela Akhiri Rezim Maduro

Agus Nyomba
Lewat Video, Guaido Ajak Militer Venezuela Akhiri Rezim Maduro
Pemimpin Oposisi dan Presiden Sementara Venezuela Juan Guaido. Foto: Istimewa

CARACAS - Pemimpin oposisi, Juan Guaido yang menyatakan dirinya sebagai presiden sementara Venezuela mengajak para militer dan masyarakat untuk bersama mengakhiri rezim Nicolas Maduro.

Ajakan untuk turun ke jalan itu disampaikan oleh Guaido melalui video yang didampingi sejumlah orang-orang yang berseragam militer Venezuela.

Ia menekankan bahwa Venezuela akan bertarung dalam perjuangan tanpa kekerasan untuk mengambil kompetensi pemerintah.



Tokoh oposisi mengklaim di Twitter-nya bahwa ia telah menerima dukungan dari angkatan bersenjata negara itu dan mengumumkan apa yang disebut "fase terakhir" dalam perjuangannya untuk menggulingkan presiden Venezuela.

"Angkatan bersenjata nasional telah mengambil keputusan yang benar, dan mereka mengandalkan dukungan rakyat Venezuela," kata Guaido dalam video itu seperti dikutip di Sputnik, Selasa, (30/04/2019).

Menurut laporan Reuters mengutip seorang saksi mata, bahwa Guaido dan sekelompok tentara saat ini berdiri di jalan raya Caracas di sebelah pangkalan militer. Pemimpin oposisi sebelumnya mengumumkan bahwa ia sedang syuting videonya di Pangkalan Udara La Carlota.

Terakhir kali Guaido meminta warga Venezuela untuk bergabung dengan apa yang disebut Operasi Kebebasannya setelah pemadaman listrik besar-besaran di negara itu, yang merupakan hasil sabotase pada pembangkit listrik, ia mengklaim telah mengumpulkan "ribuan" pengunjuk rasa untuk demonstrasi di seluruh negeri.

Menteri Informasi Venezuela Jorge Rodriguez telah bereaksi terhadap seruan pemimpin oposisi Juan Guaido mengenai pasukan Venezuela, dengan mengatakan bahwa pemerintah menghadapi sekelompok kecil pengkhianat militer yang mencoba kudeta di negara itu.
Dia lebih lanjut meminta warga sipil dan tentara Venezuela waspada untuk menggagalkan upaya kudeta.

Pemimpin oposisi Venezuela dan Presiden Interim yang memproklamirkan diri sendiri, Juan Guaido, telah mempublikasikan video dengan seruan kepada tentara Venezuela, serta warga negara, untuk pergi ke jalan-jalan di Caracas untuk memastikan penghentian perebutan kekuasaan yang definitif dari Presiden Nicolas yang dipilih secara konstitusional yang terpilih secara konstitusional.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook