alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Maduro Sebut Militer Venezuela Setia pada Konsitusi dan Tanah Air

Agus Nyomba
Maduro Sebut Militer Venezuela Setia pada Konsitusi dan Tanah Air
Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Ia menyebut para militer mereka setia terhadap konstitusi dan tanah air. Foto: Istimewa

CARACAS - Presiden Venezuela Nicolas Maduro langsung memberikan tanggapan terkait dengan video Juan Guaido, untuk meminta militer Venezuela bergabung dengannya.

Nicolas Maduro berbicara tentang situasi yang sedang berlangsung, beberapa jam setelah video provokatif tersebut diterbitkan mengatakan, bahwa ia telah berbicara dengan para pemimpin militer dan bahwa mereka telah menunjukkan kesetiaan total mereka.

"Saraf baja. Saya berbicara dengan komandan semua Kawasan Pertahanan Strategis Integral (REDI) dan Zona Operasi Pertahanan Integral (ZODI), yang menyatakan kesetiaan penuh mereka kepada rakyat, konstitusi dan tanah air. Saya menyerukan mobilisasi populer maksimum untuk mengkonfirmasi kemenangan perdamaian. Kami akan menang," tulis Maduro di Twitter seperti dikutip di Sputnik.



Pemimpin oposisi Venezuela dan presiden sementara negara itu, Juan Guaido, telah mempublikasikan video yang menyerukan tentara untuk bergabung dengan barisan pendukungnya melawan Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Sebelumnya pada hari itu, Menteri Pertahanan Venezuela Vladimir Padrino Lopez mengatakan, bahwa militer negara itu sepenuhnya mendukung konstitusi dan otoritas yang sah.

Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara negara itu awal tahun ini, segera menerima dukungan dari AS dan sejumlah negara barat lainnya. Pada saat yang sama, banyak negara lain, termasuk Rusia, Cina dan Turki telah mendukung Presiden Nicolas Maduro yang terpilih secara konstitusional.

Yang terakhir menganggap pemimpin oposisi sebagai "boneka AS" dan menuduhnya mengatur sabotase pada bendungan hidroelektrik terbesar di negara itu dengan bantuan dari Washington, yang mengakibatkan pemadaman nasional yang berlangsung beberapa minggu.

Otoritas Venezuela melancarkan investigasi atas tindakan Guaido awal April, mencabut kekebalan parlementernya. Dia telah dituduh melakukan pengkhianatan dengan beberapa sekutunya juga sedang diteliti.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook