Pemkab Barru Efisiensikan Penggunaan Dana Trasfer dan Dana Desa

Senin, 30 November 2020 - 19:52 WIB
loading...
Pemkab Barru Efisiensikan Penggunaan Dana Trasfer dan Dana Desa
Sekretaris Daerah Barru Abustan saat menerima DIPA tahun 2021 yang diserahkan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Foto: Istimewa
A A A
BARRU - Pemerintah Kabupaten Barru , bakal mengefesiensikan penggunaan dana trasfer pusat dan dana desa tahun 2021 mendatang.

Pemkab Barru mendapat Rp779 Miliar, dari Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2021, yang terdiri atas dana perimbangan dan dana insentif daerah. Dana perimbangan sendiri, terbagi atas dana transfer umum, yakni dana bagi hasil dan dana alokasi umum (DAU).

Bahkan akibat Pandemi Covid 19, pemerintah pusat banyak mengeluarkan regulasi yang mengatur tentang bagaimana cara mengelola kebijakan penggunaan anggaran untuk bersama melalui ujian ini.



Penyerahan dana DIPA tahun 2021 ini diterima langsung Sekretaris Daerah Barru Abustan , dari Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, Senin (30/11/2020).

Sekda Abustan masih optimis bahwa anggaran yang dikelola di 2021, nantinya akan dapat digunakan secara efisien dan efektif, sepanjang semua pihak memiliki komitmen kuat dan rasa kebersamaan.

"Memang ada penurunan penerimaan akibat pandemi Covid-19, serta arahan untuk memfokuskan perhatian pada penanganan Covid-19 seperti kesehatan dan pemulihan ekonomi, namun ini semua akan kita lalui bersama," sebut Abustan setelah menerima Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa untuk Tahun Anggaran 2021.

Jumlah total anggaran yang diterima, hanya sekira Rp779 Miliar, yang terdiri atas dana perimbangan dan dana insentif daerah. Dana perimbangan sendiri, terbagi atas dana transfer umum, yakni dana bagi hasil dan dana alokasi umum (DAU).



DAU Barru di tahun 2021, sekira Rp498 miliar, inilah yang dapat dikelola untuk seterusnya dibagi menjadi penggajian, program kegiatan dan belanja lainnya. Sebab, sisanya telah diatur khusus peruntukan penggunaan nya.

"Yang patut kita syukuri, sebab di 2021 nanti, Barru dapat perhatian dalam anggaran Pemprov Sulsel dengan diakomodirnya pembangunan rest area, semoga pembangunannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Barru, utamanya UMKM yang ada," tutup Mantan Kepala Bappeda Barru ini.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2925 seconds (0.1#10.140)