TOPIK TERPOPULER

Survei Chaidir-Suhartina di Pilkada Maros Tak Terkejar

Muhaimin Sunusi
Survei Chaidir-Suhartina di Pilkada Maros Tak Terkejar
Survei Pasangan Calon Chaidir Syam-Suhartina Bohari tak terkejar di Pilkada Maros. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Survei elektabilitas Pasangan Calon Chaidir Syam-Suhartina Bohari alias Hati Kita Keren tak terkejar di Pilkada Maros 2020. Angka survei Paslon nomor urut 2 ini unggul jauh dari dua Paslon rivalnya yakni Andi Tajerimin Nur-Havid Pasha dan Andi Harmil Mattotorang-Andi Ilham Nadjamuddin.

Hasil ini merujuk pada survei Pilkada Maros 2020 yang dirilis oleh Insert Institute di Makassar, Senin (30/11/2020). Survei ini mengambil sebanyak 800 responden yang dilakukan pada rentang waktu 24 sampai 30 November 2020. Margin of error sebesar 3,46 persen dan tingkat keakuratan 95 persen.



Direktur Riset dan Data Insert Institute, Reskiyanti Nurdin mengatakan, Paslon Hati Kita Keren memiliki nilai survei sebesar 53,3 persen. Angka ini unggul telak dibanding dua rivalnya yakni Harmil-Ilham di angka 26,9 persen dan Tajerimin-Pasha hanya 19,6 persen.

Baca Juga: Debat Kedua Pilkada Maros, Chaidir-Suhartina Tampil Sajikan Data

"Angkanya ini cukup tinggi dan sudah hampir pasti menang. Karena yang belum menentukan sikap hanya 0,2 persen," kata Eki sapaannya saat memaparkan hasil surveinya.

Eki mengklaim, dengan sisa waktu beberapa hari ini, Paslon Hati Kita Keren bisa disebut sudah berada di jalur kemenangan. Besarnya selisih hasil survei, menjadi salah satu indikator utamanya.

"Meski ibaratnya survei suara Harmil-Ilham digabungkan dengan suara Tajerimin-Havid, itu belum bisa melewati hasil survei Chaidir-Suhartina. Jadi memang selisihnya sangat besar," tegas Eki.



Lanjut Eki, Paslon Hati Kita Keren bahkan unggul dan mendominasi seluruh kecamatan. Dari 14 kecamatan di Maros, paket PAN-PAN ini unggul di 10 kecamatan dengan rata-rata di atas angka 50 persen.

"Kedua figur ini kan pernah menjadi anggota DPRD di Maros, Chaidir bahkan menjabat sebagai Ketua DPRD Maros. Belum lagi, keduanya lebih dulu bergerak dan intens," jelasnya.

Menurut Eki, Bupati Maros saat ini, Hatta Rahman dipastikan akan memberi dukungan penuh ke Paslon Hati Kita Keren. Mengingat Suhartina masih keluarga dengan Hatta. Ketokohan Hatta bahkan masih berpengaruh kuat di Pilkada Maros 2020.

Baca Juga: 3 Pasangan Calon Pilkada Maros Deklarasi Pilkada Damai 2020

"Apalagi kinerja bupati (Hatta Rahman) saat ini masyakrat cukup puas mencapai 73,3 persen, sangat puas 18,6 persen. Sementara yang kurang puas hanya 7,8 persen dan tidak puas sangat rendah 0,3 persen," bebernya.

Dikonfirmasi terpisah, Chaidir menuturkan bahwa hasil survei ini ialah hasil kerja seluruh tim dan simpatisan di tingkat bawah. Namun dia mengaku tak akan terlena dan terus bekerja hingga hari pencoblosan.

"Kita optimis lah, tapi tetap sekali lagi kita imbau kepada seluruh tim untuk tidak boleh jumawa atau sombong dan teledor. Perjuangan belum selesai, dan kita harus mengawal suara yang ada di bawah di lapangan," jelas Chaidir.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!