Survei Chaidir-Suhartina di Pilkada Maros Tak Terkejar

Senin, 30 November 2020 - 23:25 WIB
loading...
Survei Chaidir-Suhartina di Pilkada Maros Tak Terkejar
Survei Pasangan Calon Chaidir Syam-Suhartina Bohari tak terkejar di Pilkada Maros. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Survei elektabilitas Pasangan Calon Chaidir Syam-Suhartina Bohari alias Hati Kita Keren tak terkejar di Pilkada Maros 2020. Angka survei Paslon nomor urut 2 ini unggul jauh dari dua Paslon rivalnya yakni Andi Tajerimin Nur-Havid Pasha dan Andi Harmil Mattotorang-Andi Ilham Nadjamuddin.

Hasil ini merujuk pada survei Pilkada Maros 2020 yang dirilis oleh Insert Institute di Makassar, Senin (30/11/2020). Survei ini mengambil sebanyak 800 responden yang dilakukan pada rentang waktu 24 sampai 30 November 2020. Margin of error sebesar 3,46 persen dan tingkat keakuratan 95 persen.

Direktur Riset dan Data Insert Institute, Reskiyanti Nurdin mengatakan, Paslon Hati Kita Keren memiliki nilai survei sebesar 53,3 persen. Angka ini unggul telak dibanding dua rivalnya yakni Harmil-Ilham di angka 26,9 persen dan Tajerimin-Pasha hanya 19,6 persen.



"Angkanya ini cukup tinggi dan sudah hampir pasti menang. Karena yang belum menentukan sikap hanya 0,2 persen," kata Eki sapaannya saat memaparkan hasil surveinya.

Eki mengklaim, dengan sisa waktu beberapa hari ini, Paslon Hati Kita Keren bisa disebut sudah berada di jalur kemenangan. Besarnya selisih hasil survei, menjadi salah satu indikator utamanya.

"Meski ibaratnya survei suara Harmil-Ilham digabungkan dengan suara Tajerimin-Havid, itu belum bisa melewati hasil survei Chaidir-Suhartina . Jadi memang selisihnya sangat besar," tegas Eki.

Lanjut Eki, Paslon Hati Kita Keren bahkan unggul dan mendominasi seluruh kecamatan. Dari 14 kecamatan di Maros, paket PAN-PAN ini unggul di 10 kecamatan dengan rata-rata di atas angka 50 persen.

"Kedua figur ini kan pernah menjadi anggota DPRD di Maros, Chaidir bahkan menjabat sebagai Ketua DPRD Maros. Belum lagi, keduanya lebih dulu bergerak dan intens," jelasnya.

Menurut Eki, Bupati Maros saat ini, Hatta Rahman dipastikan akan memberi dukungan penuh ke Paslon Hati Kita Keren. Mengingat Suhartina masih keluarga dengan Hatta. Ketokohan Hatta bahkan masih berpengaruh kuat di Pilkada Maros 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)