TOPIK TERPOPULER

Batal di Makassar, Debat Ketiga Pilwalkot Kembali ke Jakarta

Muhaimin Sunusi
Batal di Makassar, Debat Ketiga Pilwalkot Kembali ke Jakarta
Debat Publik ketiga Pilwalkot Makassar akan kembali digelar di Jakarta pada pekan depan. Foto: Sindonews/dok

MAKASSAR - Debat ke III Pilwalkot Makassar 2020 tak jadi digelar di Makassar. Namun kembali ke Jakarta seperti dua debat yang digelar sebelumnya.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengatakan, awalnya lokasi debat ketiga sudah ditetapkan jauh hari. Dimana debat pertama dan kedua di Jakarta, dan debat ketiga di Makassar.



"Banyak yang ingin kami kerjakan. Dengan pertimbangan kami harus mengawal distribusi logistik, bimtek KPPS, SDM, perekaman e-KTP, laporan dana kampanye dan persiapan hari H yang dikonsolidasikan, sehingga sangat riskan bagi kami untuk meninggalkan Makassar," ucap Endang pada sesi konferensi pers di Fourt Point, Senin (30/11/2020).

Baca Juga: Konsolidasi, Perindo Total Gerakkan Mesin untuk Appi-Rahman

Sebagai bentuk konsistensi, Endang menyebut KPU Makassar masih kukuh menggelar debat ketiga di Makassar hingga siang Senin, (30/11/2020). Namun setelah melakukan koordinasi dengan Polrestabes Makassar di sore harinya, maka rencana berubah.

KPU Makassar tak bisa berbuat banyak soal penentuan lokasi debat ketiga. Mau tak mau, pihaknya harus melangsungkan agenda ini di luar Makassar karena tak mendapat izin dari Polrestabes Makassar.

"Polrestabes menyatakan bahwa tidak ada alternatif lain, dari perspektif keamanan penanggungjawaban di Makassar. Mereka mekomendasikan debat ketiga tetap di luar Makassar," kata Endang

Menurut Endang, selain faktor keamanan, penegakan protokol Covid-19 menjadi hal yang diprioritaskan Polrestabes Makassar. Selain itu, Polrestabes menilai Makassar masih menjadi zona merah dalam potensi gesekan dan kerumunan massa.



Bahkan kata Endang, KPU Makassar sempat diberi altrnatif lain. Bila tetap di gelar di Makassar, maka debat ketiga disarankan untuk ditiadakan.

Baca Juga: Gelar Pendidikan Politik, Perindo Makassar Ajak Kader Lebih Dekat dengan Masyarakat

"Kami penyelenggara merasa bahwa debat publik ini sangat penting dalam kampanye, karena dengan publik lah masyarakat akan tentukan pilih. Jadi Bismillah, waktu sangat mepet, kami siap debat ketiga di luar Makassar. Ya di Jakarta," tegas Endang.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!