alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tak Serahkan LPPDK Hari Ini, Sanksi Pembatalan Calon Menanti

Luqman Zainuddin
Tak Serahkan LPPDK Hari Ini, Sanksi Pembatalan Calon Menanti
UPI HASTATI. Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 wajib diserahkan hari ini, Kamis (2/5/2019). Foto: SINDOnews/Luqman Zainuddin

MAKASSAR - Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 wajib diserahkan hari ini, Kamis (2/5/2019).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) Divisi Hukum, Upi Hastati, mengingatkan semua peserta Pemilu 2019 untuk melaporkan LPPDK-nya sebelum pukul 18.00 waktu setempat. Sebab, hingga pukul 16.00 kemarin, baru enam Partai Politik (Parpol) dan 11 calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang melaporkan.

Keenam Parpol di tingkat Provinsi tersebut yakni PKS, PSI, PBB, Gerindra, Hanura, dan PBB. Sementara 10 lainnya belum melaporkan.



Adapun ke 11 Calon DPD tersebut yakni, Moh Roem, Mappaujung, Sindawa Tarang, Syaiful Saleh, Muhlis Katili, Ajiep Padindang, Nusra Aziz, Iqbal Parewangi, Rahim Mas P Sanjata, Patahilla Asba, dan Tamsil Linrung. Minus 11 Calon DPD.

"Sejak dibuka LPPDK 26 April, kami sebenarnya berharap teman-teman cepat menyerahkan. Di tingkat provinsi berakhirnya esok hari di tanggal 2 Mei pukul 18.00," ucap Upi saat ditemui di ruang kerjanya di sekretariat KPU Sulsel jalan AP Pettarani, Rabu (1/5/2019) sore.

LPPDK yang sudah diterima selanjutnya akan diserahkan kepada Kantor Akuntan Publik (KAP) untuk diaudit. Menurut Upi, tak ada lagi perbaikan. Semua, LPPDK yang diserahkan, langsung diaudit.

"(KAP) Hanya berbicara kepatuhan. Hasil dari audit, kesimpulannya, patuh dan tidak patuh. Kalau tidak patuh, dia paling sanksinya diumumkan," imbuh mantan anggota KPU kabupaten Barru itu.

Sementara untuk sanksi berat, kata dia, hanya diberikan kepada peserta pemilu yang tidak menyerahkan LPPDK hingga batas terakhir. "Sekarang, aturannya (LPPDK), siapa yang tidak menyerahkan maka dibatalkan sebagai calon terpilih," tegasnya.

Sementara untuk LPPDK tim pemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden di daerah akan dilaporkan secara nasional oleh tim pusat di KPU RI.

"Mereka (tim pemenangan daerah) berkoordinasi dengan tim di pusat. Jika diserahkan di Provinsi akan diteruskan ke KPU RI," aku komisioner KPU Sulsel lainnya, Asram Jaya lewat pesan Whatsappnya, Rabu (1/5/2019).



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook