alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Klarifikasi Pelantikan Pejabat, Kemendagri Tunggu Gubernur Pulang

Mustafa Layong
Klarifikasi Pelantikan Pejabat, Kemendagri Tunggu Gubernur Pulang
PELANTIKAN PEJABAT PEMPROV. Pengangkatan dan pelantikan 193 pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemprov Sulsel berbuntut panjang. Kementerian Dalam Negeri RI bereaksi. Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide

MAKASSAR - Pengangkatan dan pelantikan 193 pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemprov Sulsel berbuntut panjang. Kementerian Dalam Negeri RI bereaksi.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otoda) Kemendagri, Akmal Malik mengaku sudah memperoleh informasi terkait polemik mutasi itu. Namun, dia masih enggan menyimpulkan persoalan tersebut.

Rencannya Kemendagri, melalui Ditjen Otoda akan melakukan klarifikasi terhadap gubernur dan wakil gubernur. Menurut Akmal, pihaknya akan melakukan pemanggilan setelah Nurdin usai menunaikan ibadah umrah.



"Kita tunggu pak Gubernur pulang umrah ya. Nanti kita klarifikasi," katanya.

Akmal mengatakan, gubernur dan wakil gubernur merupakan satu paket, yang membuat banyak orang beranggapan wagub dapat melakukan mutasi. Namun dalam UU, kewenangan melakukan mutasi adalah kepala daerah yang juga pejabat pembina kepegawaian (PPK).

"Karena pada UU hanya memberikan otoritas ke PPK saja, artinya harus ada pendelegasian kewenangan PPK kepada siapapun, termasuk kepada wagub," ucapnya.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads