Secangkir Teh Sehari Bisa Membantumu Terhindar dari COVID-19

Selasa, 01 Desember 2020 - 09:12 WIB
loading...
Secangkir Teh Sehari Bisa Membantumu Terhindar dari COVID-19
Ilustrasi. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Secangkir teh sehari dapat membantu menjauhkan virus corona baru atau COVID-19 . Hal ini berdasarkan studi terbaru yang dilakukan di Universitas Kedokteran Nara, Jepang.

Teh tertentu, jelas studi tersebut, mengandung bahan kimia yang disebut katekin yang memiliki kemampuan untuk mengikat permukaan virus corona baru .



Dilansir Sora News 24, bahan kimia ini melapisi benda-benda runcing kecil yang memberi nama virus dan mempersulit virus untuk mengikat ke sel sehingga lebih sulit untuk menginfeksi.

Para peneliti melakukan tes laboratorium dengan memperkenalkan 10 jenis teh hijau dan hitam. Jenis teh ini biasa dijual dalam botol plastik di seluruh Jepang, ke tabung reaksi yang mengandung COVID-19 .

Teh hitam, yang merupakan versi teh hijau atau oolong yang sangat teroksidasi, terbukti paling efektif dan mengurangi jumlah virus corona baru dengan kemampuan menginfeksi hingga 99% setelah satu menit dan 99,9% setelah 10 menit.



Temuan ini disambut bagus oleh peneliti. Tetapi tabung reaksi dan tubuh manusia adalah lingkungan yang sangat berbeda, sehingga masih belum jelas seberapa baik hal ini akan berjalan di tubuh manusia.

Dikatakan demikian, katekin teh hijau telah terbukti dapat menghambat infeksi flu pada hewan dan penelitian manusia. Jadi logika yang sama mungkin diterapkan.

Teh hitam tidak dijual seluas di Asia. Itu juga menunjukkan poin penting bahwa tidak semua katekin diciptakan sama. Bahan kimia tersebut dapat ditemukan di berbagai tempat tetapi tidak selalu memiliki efek yang sama pada virus atau tubuh manusia.



Meski hampir bisa dipastikan bahwa teh tidak akan membuat anda benar-benar anti corona , tetapi minum teh dalam jumlah sedang bisa menjadi salah satu dari banyak langkah kecil yang dapat dilakukan untuk melindungi diri. Ini dibarengi dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan secara teratur.

Sementara itu, Universitas Kedokteran Nara sependapat dengan banyak komentar bahwa hal ini berpotensi memicu terburu-buru minum teh dalam kemasan, sehingga mereka tidak merilis merek teh yang tepat dengan efek terbaik sampai mendapat izin dari pembuatnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)