TOPIK TERPOPULER

Bea Cukai Parepare Musnahkan 1,5 Juta Batang Rokok Ilegal

Darwiaty Dalle
Bea Cukai Parepare Musnahkan 1,5 Juta Batang Rokok Ilegal
Puluhan ribu bungkus rokok ilegal berisi jutaan batang saat akan dimusnahkan oleh Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai TMP C Parepare. Foto: SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - 1,5 juta batang rokok ilegal yang dikemas dalam puluhan ribu bungkus berbagai merek dimusnahkan di kawasan Pelabuhan Ajatappareng, Kota Parepare, Selasa (1/12/2020).

Jutaan batang rokok yang dimusnahkan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai TMP C Parepare ini merupakan barang hasil penindakan periode Juli 2019 hingga November 2020. Jutaan batang rokok ilegal itu dimusnahkan dengan cara dibakar.



Baca juga: Tarif Cukai Rokok Naik, Rokok Ilegal Bakal Pesta Pora

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai TMP C Parepare, Nugroho Wigijarto mengemukakan, jutaan batang rokok ilegal tersebut berasal dari operasi pasar yang dilakukan pihaknya di 12 kabupaten dan kota, seperti Parepare, Barru, Pinrang, Sidrap, Enrekang, Wajo, Soppeng, Mamuju, Mamasa, Polman dan Majene.

"Karena masih masa pandemi, pemusnahan kita lakukan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," jelasnya.

Pemusnahan barang ilegal, seperti rokok yang tak memiliki cukai, kata Nugroho, adalah salah satu wujud kinerja Bea Cukai Parepare dalam menekan peredaran rokok ilegal yang merugikan negara.

Baca juga: Awas! Kenaikan Cukai Hasil Tembakau Bisa Bikin Peredaran Rokok Ilegal Makin Marak



"Potensi kerugian negara mencapai Rp600 juta, karena jika dirupiahkan, nilai yang kita musnahkan mencapai Rp1,3 miliar," ungkapnya.

Pemusnahan ini melibatkan berbagai unsur, baik dari pemerintahan, Kejaksaan, TNI/Polri, pengadilan dan sejumlah unsur lainnya. Di kegiatan yang sama, Bea Cukai Parepare juga membagikan masker dan hand sanitizer sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!