alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pecandu Narkoba Tak Terjerat Hukum Jika Sukarela Ingin Direhab

Asrianto Suardi
Pecandu Narkoba Tak Terjerat Hukum Jika Sukarela Ingin Direhab
BNN Kabupaten Polewali Mandar (Polman) menggelar sosialisasi program rehabilitasi dan pascarehabilitasi pengguna narkoba di Hotel Bumi Raya, Kamis (02/05/2019). Foto: Asrianto Suardi/SINDOnews

POLEWALI - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) menggelar sosialisasi program rehabilitasi dan pascarehabilitasi pengguna narkoba di Hotel Bumi Raya, Kamis (02/05/2019).

Mengambil tema Hidup Sehat Tanpa Narkoba, kegiatan ini diikuti unsur TNI/Polri, LSM, Media dan masyarakat umum.

Kepala BNN Polman, Syabri Syam dalam kesempatan ini mengajak instansi pemerintahan dan masyarakat untuk memerangi narkoba di lingkungan masing-masing. Terlebih membantu pecandu narkoba untuk direhabilitasi.



Dia pun mengapresiasi babinsa jajaran Kodim 1402/Polmas yang telah membantu warga pecandu melapor secara sukarela untuk direhabilitasi.

"Beberapa pecandu sudah melaporkan diri didampingi babinsa, Babinkamtibmas serta keluarga untuk dilakukan rehabilitasi," kata Syabri Syam.

Dia menjelaskan, masyarakat pecandu narkoba tak akan dituntut hukuman pidana jika dengan sukarela datang melapor ke BNN untuk direhabilitasi atau berobat.

"Itu tidak akan dipenjara. Kami akan rehabilitasi bahkan bisa berobat gratis tanpa dipungut biaya," ucapnya.

Saat ini Syabri menilai masih banyak masyarakat dan keluarga pecandu narkoba takut melaporkan masalahnya ke BNN.

"Karena mungkin mereka pikir akan ditangkap, padahal tidak. Jangan nanti setelah tertangkap baru mau direhabilitasi," pungkasnya.

Lebih lanjut kata dia, sejak BNN Polman dibentuk pada April 2017 lalu, telah melakukan beberapa pengungkapan kasus narkoba. Seperti di tahun 2018 lalu, sebanyak 24 pecandu yang direhabilitasi.

Kemudian di tahun 2019 ini, ada sebanyak 10 pecandu yang di rehabilitasi. Satu orang diantaranya di rehabilitasi di Baddoka.

Syabri juga membeberkan bahwa ada dua wilayah kecamatan di Polman yang masuk zona merah narkoba diantaranya, Tinambung dan Campalagian.

"Semua itu masuk zona merah dan rawan narkoba," ungkapnya.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook