alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Preview Barca vs Deportivo, Laga Krusial Barcelona

Koran Sindo
Preview Barca vs Deportivo, Laga Krusial Barcelona
ILUSTRASI. Preview Barcelona vs Deportivo La Coruna

BARCELONA - Misi khusus diusung Barcelona saat menjamu Deportivo la Coruna pada laga ke-16 Primera Liga dini hari nanti. El Azulgrana bermaksud mengembalikan kedigdayaan sebelum melakoni el classico.

Barcelona bertekad mendulang angka sebanyak mungkin sebagai bekal saat nanti meladeni Real Madrid di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/2017). Ini bertujuan untuk memberi tekanan kepada pemain Los Blancos. Sebab, jika nanti bisa mengalahkan musuh bebuyutannya itu, armada Ernesto Valverde bisa leluasa menjuarai Primera Liga musim ini.

Tanpa meremehkan Valencia dan Atletico Madrid yang menempati peringkat 2 dan 3, Barcelona pastinya lebih mewaspadai Madrid meski masih terdampar di posisi keempat. Sebab, Los Blancos punya kebiasaan meraih banyak kemenangan setelah pergantian tahun.



Itu sebabnya laga kandang nanti sangat krusial bagi Barcelona. Jika sukses mengalahkan Super Depor di Camp Nou, Luis Suarez dkk bisa menambah selisihnya dengan Madrid menjadi 11 angka. Artinya, bila selanjutnya menang di markas Isco dkk, klub Katalan itu dapat unggul hingga 14 angka.

Kemenangan atas Deportivo juga diperlukan Barcelona guna mengembalikan aura di kompetisi domestik. Maklum, mereka sempat terpeleset selama dua laga beruntun, yakni ditahan Valencia (1-1) dan Celta de Vigo (2-2). Masa suram itu memang sudah berakhir dengan melumat Villarreal 2-0. Tapi, itu dinilai belum cukup untuk dijadikan sinyal ancaman bagi Madrid.

Dengan menjinakan La Coruna, Barcelona dapat membuktikan benar-benar telah kembali ke jalur yang tepat. Itu dapat memacu semangat pemain sebelum jumpa armada Zinedine Zidane. “Kami selalu menganggap serius setiap laga siapapun lawannya. Bagi kami kemenangan mutlak harus diraih,” ujar Valverde, dilansir marca.

Melihat perkembangan terkini, Barcelona sangat diyakini bisa menundukan Deportivo. Skuad tuan rumah mulai lengkap karena sejumlah pemain cedera sudah pulih. Ousmane Dembele dan Rafinha telah berlatih lagi setelah absen cukup lama. Javier Mascherano juga konon sudah bisa tampil lagi.

Kesehatan Andres Iniesta juga kian membaik lantaran disimpan saat jumpa Villarreal. Playmaker asal Spanyol itu disebut-sebut sudah mendapat lampu hijau untuk meladeni La Coruna. Hanya Samuel Umtiti dan Gerard Deulofeu yang dipastikan tidak tampil.

Statistik pertemuan juga lebih memihak Barcelona. Jawara Copa del Rey itu hanya satu kali kalah selama 14 perjumpaan terbaru kontra Deportivo. Selebihnya mencatat sembilan menang dan empat imbang.

Ketika jadi tuan rumah, Barcelona juga belum terkalahkan selama 11 kali menjamu Deportivo, rinciannya delapan menang dan tiga imbang. Terakhir kali Barcelona tersungkur di Camp Nou kontra klub dari Galician itu pada Oktober 2003 dimana menyerah 0-2.


Harus diingat pula kalau gawang Deportivo merupakan target favorit pemain Barcelona lantaran sudah menceploskan 207 gol. Barcelona jadi satu-satu klub yang bisa melesakan lebih dari 200 gol ke jala Deportivo dalam sejarah Primera Liga.

Messi jadi pihak yang paling bertanggung jawab atas penderitaan pasukan Cristobal Parralo. Soalnya, La Pulga terus mencetak gol dalam delapan laga dari sembilan perjumpan terbaru kontra Deportivo di Primera Liga, yakni 13 gol.

Rekor tandang tim tamu ikut menguntungkan Barcelona. Deportivo hanya sekali menang selama 12 kunjungan terbarunya ke markas lawan di kompetisi domestik. Sisanya, menelan empat kalah dan tujuh kalah.

Namun, bukan berarti Barcelona bisa merasa jumawa. Pasalnya, Deportivo pernah dua kali menahan Barcelona saat di Camp Nou dengan skor identik 2-2 pada 2015. “Kami hanya fokus mencari cara bagaimana menyakiti Barcelona. Karena itu, kami harus menjaga konsentrasi sepanjang pertandingan. Ini pasti akan sulit. Tapi, kami harus mencobanya,” ucap kiper Deportivo Ruben Martinez. (M Mirza)



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook