alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

4 Warga Palestina Tewas, Gaza Hujani Roket ke Wilayah Israel

Kurniawan Eka Mulyana
4 Warga Palestina Tewas, Gaza Hujani Roket ke Wilayah Israel
Kementerian kesehatan Gaza mengatakan, 51 warga Palestina terluka pada hari Jumat (3/5/2019). Foto: Reuters/Ibraheem Abu Mustafa

GAZA - Seorang warga Palestina tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza utara, menurut kementerian kesehatan Gaza, di tengah eskalasi baru antara militer Israel dan pejuang Gaza.

Imad Nseir, 22, tewas di Beit Hanoun setelah pesawat tempur Israel menargetkan beberapa wilayah di daerah kantong yang dikepung itu pada Sabtu (4/5/2019) pagi, setelah puluhan roket ditembakkan dari Gaza ke Israel selatan.

Gejolak terbaru terjadi setelah pasukan Israel membunuh empat warga Palestina dalam dua insiden terpisah pada hari Jumat (3/5/2019).



Harry Fawcett dari Al Jazeera, melaporkan dari Yerusalem, mengatakan rentetan roket yang ditembakkan dari Gaza terjadi setelah serangan pesawat tak berawak Israel di utara jalur itu pada Sabtu pagi, yang melukai tiga orang.

"Kami melihat eskalasi militer lain, yang pertama sejak bulan lalu di mana kami melihat pertukaran serangan udara dan roket lainnya keluar dari Gaza, yang tampaknya berakhir dengan beberapa harapan terhadap semacam resolusi jangka panjang," katanya.

Dia menambahkan, ada banyak laporan tentang perundingan antara Israel dan Hamas yang ditengahi oleh Mesir, dengan semakin santainya situasi yang mungkin terjadi dari pihak Israel.

"Hamas mengatakan sejauh ini yang mereka lihat adalah relaksasi dalam kontrol maritim, memungkinkan penangkapan ikan hingga 15 mil laut dari enam, yang kini telah berkurang lagi," imbuhnya.

Roket ditembakkan
Tentara Israel mengatakan, sistem rudal Iron Dome mencegat puluhan proyektil, saat sekitar 90 roket ditembakkan dari strip. Tidak ada korban yang dilaporkan di pihak Israel.

Menurut kantor berita Palestina, pesawat tempur Israel menargetkan area pertanian di Beit Hanoun, sebuah kota utara di Jalur Gaza, dengan serangan udara setelah tembakan roket.

Pasukan Israel di pagar Gaza juga menembaki beberapa pos pantau di timur Khan Younis di Jalur Gaza selatan.

Para pejabat kesehatan Gaza juga mengatakan empat warga Palestina terluka dalam salah satu serangan Israel.

Tidak ada klaim tanggung jawab langsung atas serangan roket dari Gaza.

Pusat Informasi Palestina mengutip juru bicara Hamas Abdullatif Al-Qanou yang mengatakan, "Perlawanan akan tetap hadir untuk menanggapi kejahatan pendudukan, dan tidak akan membiarkannya menumpahkan darah rakyat kita".

Gerakan Jihad Islam juga merilis pernyataan serupa, dengan mengatakan "perlawanan melakukan tugasnya untuk melindungi dan membela rakyat kita", menambahkan bahwa itu akan "menanggapi agresi [Israel] sepenuhnya".

Sementara itu, gerakan Fatah di Tepi Barat yang diduduki telah mengutuk eskalasi Jalur Gaza dan menyerukan kepada masyarakat internasional untuk "mengekang agresi".

Pada hari Jumat, empat warga Palestina terbunuh oleh pasukan Israel dalam dua insiden terpisah; dua dari mereka ditembak mati selama unjukrasa besar March of Return mingguan di dekat pagar Israel di timur Gaza, sementara serangan udara yang menargetkan pos terdepan Hamas menewaskan dua anggota sayap bersenjata gerakan itu.

Militer Israel mengatakan telah mengenai pangkalan Hamas setelah dua tentaranya terluka oleh tembakan dari Gaza di pagar Israel.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook