alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gencetan Senjata Tercapai Saat Israel Janji Beri Serangan Besar

Agus Nyomba
Gencetan Senjata Tercapai Saat Israel Janji Beri Serangan Besar
Bangunan apartemen al-Gussin yang rusak setelah serangan udara Israel di Kota Gaza. Foto: Istimewa

GAZA - Para pejabat Palestina mengatakan, kesepakatan gencatan senjata telah dicapai dengan Israel untuk mengakhiri gelombang kekerasan baru-baru ini di Jalur Gaza dan Israel Selatan yang telah menyebabkan kematian sedikitnya 24 warga Palestina dan empat warga Israel.

"Pemahaman gencatan senjata akan dimulai Senin 04:30 (0130 GMT)," kata seorang pejabat Palestina yang akrab dengan perjanjian itu yang dikutip di Al Jazeera, Senin, (05/05/2019).

Seorang pejabat Palestina kedua mengkonfirmasi bahwa kesepakatan telah tercapai, juga sebuah stasiun TV milik Hamas, kelompok yang memerintah Jalur Gaza.



Tidak ada konfirmasi dari pihak Israel. Bahkan militer Israel mengatakan, bahwa lebih dari 600 roket dan proyektil lainnya 150 di antaranya dicegat oleh sistem anti-rudal Iron Dome - telah ditembakkan di kota-kota dan desa-desa Israel selatan sejak Jumat.

Dikatakan pihaknya menyerang sekitar 320 target di Gaza. Kekerasan - bentrokan perbatasan paling serius sejak serentetan pertempuran pada November - tampaknya mereda awal Senin. Sirene roket di Israel selatan, yang telah menyala terus menerus selama akhir pekan, membuat penduduk berlarian untuk berlindung, cukup untuk beberapa jam sebelum fajar.

Militer Israel melaporkan tidak ada serangan udara baru di Gaza.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah memerintahkan serangan besar-besaran di Jalur Gaza setelah eskalasi dua hari.

Pesawat-pesawat tempur dan kapal perang Israel terus menargetkan Jalur Gaza pada hari Minggu, ketika para pejuang di wilayah yang dikepung menembakkan rentetan roket ke Israel selatan.

Seorang komandan Hamas berusia 34 tahun tewas dalam apa yang digambarkan militer Israel sebagai serangan yang ditargetkan. Sebuah pernyataan militer menuduh Hamad al-Khodori mentransfer sejumlah besar uang dari Iran ke faksi-faksi bersenjata di Gaza.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook