Pemkab Gowa Siapkan Ruangan Khusus Penyimpanan Vaksin

Rabu, 02 Desember 2020 - 18:01 WIB
loading...
Pemkab Gowa Siapkan Ruangan Khusus Penyimpanan Vaksin
Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Gowa Aslam Patonangi. Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan menyediakan ruangan khusus tempat penyimpanan vaksin Covid-19 , yang sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Gowa Aslam Patonangi mengatakan, ruangan tersebut akan bersuhu 2-8 derajat celcius agar vaksin betul-betul terjaga.

Adanya tempat khusus tersebut, sebagai bentuk dukungan Pemkab Gowa yang siap menyukseskan pelaksanaan vaksin Covid-19 yang digagas pemerintah pusat.



"Selain itu, ke depan Pemerintah Kabupaten Gowa juga akan melakukan sosialisasi terkait vaksinasi yang akan dilakukan ini," ujarnya Rabu, (2/12/2020).

Menurutnya hal ini juga sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar proses vaksin bisa berjalan dengan efektif.

Masyarakat juga harus mendapat penjelasan bahwa tidak semuanya divaksin. Karena masih terbatas jumlahnya. Kemudian, ada segmen tertentu yang divaksin yaitu umur 18-59 tahun.

"Ini yang harus dijelaskan bahwa di bawah 18 tahun dan di atas 59 tahun tidak vaksin ," paparnya.

Dia melanjutkan, jika pihaknya telah mengikuti Rakor Terbatas Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan Covid-19.

Karena itu, dia berharap vaksin Covid-19 segera dilaksanakan. Menurutnya hal ini penting agar persoalan Covid-19 yang terjadi secara global termasuk di Kabupaten Gowa bisa cepat terselesaikan.

"Kita berharap dengan adanya vaksin ini akan tercipta secepatnya imunitasi masyarakat kita. Ini kan masalahnya pada Covid-19, apa yang terjadi pada ekonomi kita akarnya dari Covid-19. Kalau kita bisa segera sembuh dari Covid-19 ini tentunya juga maka kegiatan masyarakat kita yang lain seperti ekonomi, sosial, budaya dan agama sudah bisa jalan normal lagi," ujar Aslam.



Diketajui, saat ini progres vaksin di Indonesia sudah tahap uji kliniks fase 3 platform inactivated SAR Cov 2 yang diperkirakan selesai akhir tahun 2020.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8317 seconds (0.1#10.140)