Begini 3 Amalan Jelang Ramadhan, Menurut Nahdlatul Ulama

Kamis, 16 April 2020 - 15:40 WIB
loading...
Begini 3 Amalan Jelang Ramadhan, Menurut Nahdlatul Ulama
Tiga amalan utama untuk menyambut bulan Ramadhan. Ilustrasi: Ist
A A A
PUASA Ramadhan tahun 2020 diperkirakan akan jatuh pada hari Kamis, 24 April 2020. Semoga saja kita semua diberi kemudahan dan kesempatan untuk bertemu bulan istimewa tersebut.

Ramadhan tahun ini takkan sama dengan tahun-tahun lalu. Ini akibat merebaknya wabah covid-19. Karena itu, sejumlah ormas Islam jauh-jauh hari telah mengeluarkan panduan ibadah Ramadhan di tengah wabah.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU), misalnya, telah mengeluarkan imbauan terkait pelaksanaan ibadah-ibadah di bulan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri 1441 Hijirah.

Imbauan itu dilakukan melalui surat edaran atau SE. Dalam SE itu antara lain disebutkan, dalam menjalankan salat tarawih selama bulan Ramadhan dan salat Idul Fitri selama pandemi Covid-19, agar dilaksanakan di rumah masing-masing atau sesuai protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah masing-masing.

Seluruh warga NU, juga umat Islam pada umumnya, diimbau agar senantiasa melaksanakan peribadatan wajib dan meningkatkan amaliah.

Di antara amaliah-amaliah itu adalah taqarrub kepada Allah SWT dengan memperbanyak amalan sunah, seperti sedekah, membaca Al-Quran, mujahadah, memanjatkan doa untuk para leluhur, serta berbagai amaliah dan ibadah lainnya.

Selain itu, tali silaturahim dan hubungan sosial antarsesama dalam momentum Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah tetap harus diperkuat. Namun, dengan tetap mengacu pada ketentuan dan kebijakan pembatasan sosial (social distancing) dan menjaga jarak fisik (physical distancing) yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah masing-masing.

Nah, kini, semakin dekatnya Ramadhan, NU kembali mengingatkan umat Islam untuk tetap memaksimalkan ibadah. Seruan ini dilakukan melalui media sosial. "Ramadhan semakin dekat. Mari kita maksimalkan ibadah-ibadah kita dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah," demikian seruan PBNU yang diposing melalui akun @nahdlatululama, di Instagram, Kamis (10/4/2020)

Menurut NU, ada tiga amalan utama untuk menyambut bulan Ramadhan. Pertama, bulatkan niat. Dasarnya adalah Kitab Durrotun Nasihin, "Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka."

Kedua, ziarah ke makam orang tua dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19. Sebagaimana diajarkan dalam hadis riwayat Thabrani, Abu Naim, dan al-Haisami yang berbunyi, "Ya Allah dengan hakku dan hak-hak para nabi sebelumku, ampunilah dosa ibuku setelah Engkau ampuni ibu kandungku".

Ketiga, saling memaafkan. Ajaran ini berpihak pada firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah Ayat 178 yang artinya, "Maka barangsiapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yan baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (dia) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula)".
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)