Perekaman KTP Elektronik di Gowa Bisa Dilakukan di Kantor Kecamatan

Kamis, 03 Desember 2020 - 17:10 WIB
loading...
Perekaman KTP Elektronik di Gowa Bisa Dilakukan di Kantor Kecamatan
Perekaman data KTP elektronik di Dinas Dukcapil Kota Makassar beberapa waktu yang lalu. Foto: SINDOnews/Ilustrasi/Maman Sukirman
A A A
GOWA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gowa membuka pelayanan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik di seluruh kantor kecamatan di Kabupaten Gowa.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Gowa , Ambo mengatakan, layanan tersebut akan berlangsung hingga 6 Desember 2020. Layananinimerupakan lanjutan dari perekaman yang berlangsung di desa.



Menurut Ambo, perekaman KTP elektronik yang dilakukan Dinas Dukcapil Kabupaten Gowa di seluruh kantor kecamatan ini juga dalam rangka percepatan kepemilikan KTP bagi warga yang sudah wajib memiliki.

"Jadi intinya itu gerakan percepatan perekaman KTP-El kepada wajib warga KTP-El yang belum pernah merekam. Untuk melakukan perekaman warga cukup membawa fotokopi kartu keluarga (KK)," jelasnya.

Selain di setiap kantor camat, Ambo menyebutkan, pihaknya juga akan membuka pelayanan khusus perekaman KTP elektronik di kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Gowa di hari libur Sabtu dan Minggu hingga 6 Desember 2020 mendatang. Pelayanan akan dibuka dari pukul 10.00 Wita hingga 16.00 Wita.



Ia berharap, kesempatan ini bisa dimanfaatkan masyarakat yang sudah wajib memiliki KTP elektronik namun belum melakukan perekaman. Apalagi persyaratannya hanya cukup membawa fotokopi KK.

"Tidak boleh diwakilkan karena ini perekaman KTP-El . Perekaman kami akan tuntaskan sampai selesai juga pencetakannya. Karena insyaallah blanko untuk pencetakan KTP-El tersedia dan aman tahun ini untuk mencetak seluruh perekaman di Kabupaten Gowa," tandasnya.

Dia memaparkan, dibukanya pelayanan di kecamatan untuk menghindari adanya kerumunan banyak orang dalam pengurusan di kantor Disdukcapil , serta tetap menerapkan protokol kesehatan yakni, pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan.



"Jadi semua harus saling menjaga termasuk petugas perekam kami yang turun ke kecamatan. Para petugas kami harus steril dari segala sebaran virus corona yang kita tidak tahu dibawa oleh siapa, demikian juga sebaliknya,"paparnya.

Karena itu, dia mengimbau kepada para camat agar menyampaikan kepada seluruh warganya untuk datang merekam di kantor kecamatan sembari tetap mengingatkan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan .
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2340 seconds (0.1#10.140)