alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hindari Lima Makanan Berikut Saat Sahur, Berbahaya Bagi Tubuh

Sri S Syam
Hindari Lima Makanan Berikut Saat Sahur, Berbahaya Bagi Tubuh
Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Bulan yang paling ditunggu-tunggu umat Islam sudah tiba. Beragam keunikan bulan Ramadan, salah satunya bangun dini hari untuk menyiapkan makanan sahur.

Namun sudahkah kalian mengetahui makanan dan minuman yang wajib kamu hindari saat sahur?Terdapat beberapa menu seperti teh atau kopi yang dianggap aman dikonsumsi saat sahur ternyata seharusnya tidak dikonsumsi. Apala lagi selain itu? yuk simak penjelasannya.

1. Junk Food
Junk food atau lebih dikenal dengan makanan siap saji memang menjadi pilihan saat kita keburu waktu menyiapkan makanan sahur. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya banyak bahaya yang mengancam saat mengonsumsi junk food. Ini dikarenakan banyak dari makanan siap saji lebih sulit dicerna oleh tubuh kita. Akhirnya kalian bakal cepat lemas saat menjalankan puasa.



2. Makanan Instan
Yang biasa banyak dilakukan remaja apalagi mahasiswa yang tak mau ribet memasak. Biasanya yang paling sering dikonsumsi adalah mi instan. Makanan seperti ini wajib dihindari. Pasalnya makanan tersebut kurang bernutrisi sehingga tidak boleh digunakan sebagai asupan saat puasa. Jika tetap dikonsumsi, tubuh kalian tidak memiliki energi yang cukup untuk menjalani puasa.

3. Makanan dan Minuman dengan Kadar Gula Tinggi
Kebanyakan orang sering mengira bahwa makanan yang mengandung gula tinggi dapat memberikan energi yang melimpah bagi tubuh. Namun pernyataan itu sepenuhnya benar, karena makanan atau minuman lebih cepat dicerna oleh tubuh, ini jelas membuat kita cepat lapar dan haus. Konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan resiko penyumbatan pada pembuluh darah di jantung. Sebaliknya saat sahur kalian mengonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan dalam jumlah atau porsi yang sesuai. Jika ingin tetap mengonsumsi manis, konsumsilah yang alami seperti madu atau buah-buahan.

4. Makanan dengan Karbohidrat Tinggi
Niatnya ingin meningkatkan energi tambahan dari karbohodrat, kalian justru akan mendapati kenaikan pada berat badan, karena peningkatan insulin yang besar dari konsumsi karbohidrat berlebih ini. Konsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak akan berbahaya bagi kalian penderita maag, karena kan meningkatkan produksi asam lambung.

5. Kafein
Konsumsi kopi dan teh saat sahur akan mengakibatkan tubuh kehilangan cairan lebih cepat, bahkan dapat mengakibatkan dehidrasi . Ini dikarenkan sifat diuretik dari kafein yang mengeluarkan cairan dalam tubuh dengan cepat. Disarankan minum air hangat saat sahur untuk mengurangi dehidrasi pada saat puasa.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook