Van Marwijk minta pemain Belanda jaga emosi

Sabtu, 09 Juni 2012 - 17:32 WIB
Van Marwijk minta pemain Belanda jaga emosi
Van Marwijk minta pemain Belanda jaga emosi
A A A
Sindonews.com - Tim nasional Belanda menjelang laga melawan Denmark pada pertandingan pertama Grup B Piala Eropa 2012, pelatih De Oranje Bert van Marwijk meminta pemainnya untuk menjaga emosi guna menghindari potensi kehilangan pemain saat laga berlangsung.

Hal ini lantaran laga yang berlangsung di Metalist Stadium, Kharkiv, akan dipimpin wasit Damir Skomina. Pengadil asal Slovenia itu terkenal tidak punya sifat kompromi dan gemar mengeluarkan kartu dari sakunya. Ketegasan Skomina bisa dilihat dari trek rekornya. Dari 28 pertandingan yang dipimpin, dia telah mengeluarkan 128 kartu kuning dan enam kartu merah.

Van Marwijk juga menegaskan himbauan itu tidak hanya tertuju kepada para pemain yang bermain di lapangan. Karena wasit tersebut dinilai tidak akan memberi toleransi jika Pelatih ataupun ofisial klub mempertanyakan keputusannya.

Pelatih Timnas Jerman Joachim Loew dan mantan Pelatih Timnas Austria Josef Hickersberger termasuk korban keganasan Skomina karena protes berlebihan. Masih banyak nakhoda lain, baik timnas maupun klub, yang tidak menyukainya. Itulah yang harus dicermati Belanda.

Robin van Persie dkk harus bisa menjaga sikap. Sebab, di mata Skomina, pelanggaran kecil apa pun bisa berujung kartu kuning. Di sinilah permasalahannya. Maklum, pemain Belanda terkenal suka bermain kasar. Nigel de Jong, misalnya. Gelandang Manchester City itu gemar melakukan tekel keras. Faktanya, dia pernah melancarkan tendangan kungfu ke dada Xabi Alonso saat final Piala Dunia 2010 kontra Spanyol.

“Kami akan bermain dengan gaya permainan sendiri. Saya yakin para pemain dapat menjaga konsentrasi selama pertandingan,” ucap Pelatih Timnas Belanda Bert van Marwijk, dikutip nusport.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6769 seconds (0.1#10.140)