27 Saluran Drainase di Kota Makassar Butuh Perbaikan

Jum'at, 04 Desember 2020 - 23:49 WIB
loading...
27 Saluran Drainase di Kota Makassar Butuh Perbaikan
Dinas PU Makassar fokus membenahi drainase untuk mengantisipasi banjir dan genangan. Foto: Sindonews/dok
A A A
MAKASSAR - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar kian fokus pada penanganan saluran drainase. Terlebih ini sudah memasuki musim penghujan hingga rawan terjadi banjir dan genangan.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Irwan Adnan mengatakan telah memaping saluran drainase yang bermasalah dan kerap menjadi keluhan masyarakat.

"Jadi kita mapping dulu, mana yang selalu bermasalah dan dikeluhkan masyarakat dan kita tinjau anggaran yang tersedia," kata Irwan, Jumat, (04/12/2020).



Berdasarkan data sementara yang diperoleh, ada sekitar 27 saluran drainase yang butuh perbaikan. Saluran itu tersebar dibeberapa kecamatan.

Diantaranya, Kecamatan Manggala, Biringkanayya, Tamalate, Tamalanrea, Tallo dan Rappocini. Wilayah ini kerap terjadi banjir saat musim hujan. Contohnya, Blok 8 dan Blok 10 Perumnas Antang Manggala.

Untuk merehabilitasi saluran tersebut butuh anggaran kurang lebih Rp5 miliar. Sebab selain perbaikan saluran drainase, masalah sedimentasi juga menjadi perhatian. Namun, untuk program pengerukan, sudah dilakukan sejak awal 2020 lalu.

Tim satgas Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar telah melakukan beberapa pengerukan. Anggota yang dikerahkan 480 orang. Pada awal 2020, Satgas melakukan pengerukan, terus mengalami kenaikan jumlah sedimentasi tiap bulan.

Jika pada Januari pengerukan sedimen tiap-tiap rayon capai 600 meter kubik, maka pada Maret langsung naik dengan rata-rata 800 meter kubik.

Data pada Maret 2020, rayon IV yang meliputi Manggala Panakkukang-Tallo, tim yang diturunkan 77 orang dengan masa kerja 26 hari mampu mengeruk 824 meter kubik sedimentasi dengan total panjang drainase yang dibersihkan capai 1.755 meter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)