Masuki Musim Hujan, Warga Diimbai Waspada Penyakit BDB

Sabtu, 05 Desember 2020 - 07:59 WIB
loading...
Masuki Musim Hujan, Warga Diimbai Waspada Penyakit BDB
Warga Makassar diimbau untuk waspada penyakit DBD di musim penghujan. Foto: Ilustrasi/Sindonews
A A A
MAKASSAR - Memasuki musim penghujan masyarakat diimbau untuk waspada terhadap ancaman berbagai macam penyakit. Terlebih lagi demam berdarah dengue (DBD) dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar , Agus Djaja Said mengatakan, di tengah pandemi Virus Corona, masyarakat diminta untuk selalu mawas diri mengingat ada ancaman berbagai penyakit mulai dari BDB , ISPA hingga diare kerap mengancam pada saat peralihan musim.

"Kita sudah sampaikan kepada kepala puskesmas untuk melakukan antisipasi di musim pancaroba, salah satunya
ancaman demam berdarah," kata Agus Djaja Said.



Dikatakan Agus, antisipasi penyakit pada saat peralihan musim menjadi rutinitas. Ia bahkan sudah menginstruksikan puskesmas untuk menyosialisasikan kepada masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dan memperketat protokol kesehatan.

Termasuk bersiaga jika ada kenaikan kasus DBD , ISPA, dan lainnya selama musim hujan ini. Selain itu, pihaknya juga rutin melakukan penyemprotan fogging. Terlebih lagi bagi kecamatan yang memiliki kawasan kumuh.

Sebab kawasan kumuh menjadi sasaran lantaran dinilai paling rawan terjadi demam berdarah. Sehingga, menurut Agus, kawasan ini akan menjadi perhatian Dinas Kesehatan .

"Jadi kita rutin melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat. Termasuk melakukan penyemprotan di daerah rawan," ujar dia.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mengeneli gejala awal demam berdarah. Salah satunya demam secara mendadak.



Masyarakat bahkan diminta untuk segera periksa ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit ataupun puskesmas jika demam yang diderita berlangsung selama dua tiga hari.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4970 seconds (0.1#10.140)