alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Guaido Minta Bantuan ke Pentagon Atasi Krisis di Venezuela

Agus Nyomba
Guaido Minta Bantuan ke Pentagon Atasi Krisis di Venezuela
Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido. Ia mengutus utusannya ke Pentagon untuk meminta bantuan mngatasi masalah di Venezuela. Foto: Istimewa

CARACAS - Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido mengatakan bahwa ia telah meminta utusannya ke Amerika Serikat untuk bertemu dengan para pejabat Pentagon untuk bekerja sama pada solusi untuk krisis politik negara Amerika Selatan itu.

Guaido, pemimpin Majelis Nasional yang dikendalikan oposisi, menambahkan ia telah menerima kabar dari China bahwa negara itu akan bergabung dengan upaya diplomatik antara negara-negara Eropa dan Amerika Latin, yang dikenal sebagai International Contact Group on Venezuela, untuk bernegosiasi untuk mengakhiri krisis.

Pada bulan Januari, Guaido meminta konstitusi negara OPEC untuk menjadi presiden sementara, dengan alasan pemilihan kembali Presiden Nicolas Maduro 2018 tidak sah. Dia telah diakui oleh sebagian besar negara-negara Barat dan Amerika Latin, tetapi Maduro tetap mempertahankan dukungan dari sekutu China, Rusia dan Kuba.



Upaya Guaido untuk menggulingkan Maduro agar ia dapat mengambil alih kekuasaan dan menyerukan pemilihan baru terhenti dalam beberapa pekan terakhir, setelah upaya pemberontakan militer pada 30 April dibatalkan. Guaido mengatakan, kepada sebuah surat kabar Italia minggu ini bahwa ia “kemungkinan” akan menerima intervensi militer AS jika Amerika Serikat mengusulkannya.

"Kami telah menginstruksikan duta besar kami Carlos Vecchio untuk segera bertemu dengan Komando Selatan dan laksamana untuk menjalin hubungan langsung," kata Guaido pada rapat umum di Caracas, Sabtu, yang dikutip di Reters.

"Kami telah mengatakan sejak awal bahwa kami akan menggunakan semua sumber daya yang kami miliki untuk membangun tekanan," katanya.

Perwakilan Komando Selatan A.S dan Vecchio tidak segera menanggapi permintaan komentar. Pejabat administrasi Donald Trump telah berulang kali mengatakan bahwa "semua opsi ada di meja" untuk menggulingkan Maduro, yang menyebut Guaido boneka AS yang berusaha menggulingkannya dalam kudeta.

Komando Selatan mengatakan dalam sebuah tweet pada hari Kamis bahwa pihaknya siap untuk membahas "bagaimana kita dapat mendukung peran masa depan" para pemimpin angkatan bersenjata Venezuela yang "memulihkan ketertiban konstitusional," ketika diundang oleh Guaido.

Kementerian Informasi Venezuela tidak segera menanggapi permintaan komentar. Menteri Pertahanan Vladimir Padrino secara terpisah mengatakan pada hari Sabtu bahwa sebuah kapal Penjaga Pantai A.S. telah memasuki perairan teritorial Venezuela.

Seorang juru bicara Komando Selatan mengatakan pada hari Jumat bahwa kapal Penjaga Pantai A.S sedang melakukan misi pendeteksian dan pemantauan di perairan internasional di Laut Karibia pada 9 Mei.

Guaido berbicara di sebuah rapat umum untuk mendukung anggota parlemen oposisi yang telah ditangkap, berlindung di kedutaan asing di Caracas, dan telah diancam dalam beberapa hari terakhir di tengah penumpasan luas oleh Maduro terhadap kongres setelah pemberontakan 30 April.

Sebagian besar negara-negara Amerika Latin, serta Uni Eropa, telah menyatakan oposisi terhadap potensi intervensi militer di Venezuela. Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini mengatakan pekan lalu bahwa kelompok penghubung dipersiapkan untuk memulai misi di tingkat politik di Caracas.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook