Hari Pertama Rapid Test Massal, Pemkab Gowa Sasar 4 Pasar

Selasa, 12 Mei 2020 - 16:35 WIB
loading...
Hari Pertama Rapid Test Massal, Pemkab Gowa Sasar 4 Pasar
Rapid test massal di Kabupaten Gowa pada hari pertama ini menyasar empat pasar. Foto/SINDOnews/Herni Amir
A A A
SUNGGUMINASA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mulai melakukan rapid test covid-19 secara massal. Di hari pertama ini, Selasa (15/4/2020), ada empat pasar yang disasar. Total selama tiga hari, Pemkab Gowa menargetkan menjangkau sembilan pasar.

"Hari ini ada beberapa yang kita laksanakan yaitu Pasar Sentral Sungguminasa, Pasar Bu'rung-bu'rung di Pattallassang, kemudian pasar buah dan sayur di Pallangga dan pasar di Bajeng," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin di sela-sela pelaksanaan rapid test massal di Pasar Sentral Sungguminasa.



Rapid tes massal yang diselenggarakan Pemkab Gowa akan berlanjut hingga Kamis (14/5/2020) mendatang. Selama kegiatan, pemerintah daerah menyiapkan 5.326 alat tes cepat virus corona yang merupakan jatah dari Gugus Tugas Covid-19 Sulsel.

"Pasar ini kita pilih karena banyak orang, dimana kita takutkan ada yang terpapar. Jadi itu yang kita sasar dulu penjual di pasar dan kalau memang memungkinkan kita juga akan door to door di toko-toko depan pasar," jelasnya.

Hingga saat ini, dr Hasanuddin menyebutkan belum ada pedagang atau penggiat pasar yang hasil uji cepatnya reaktif covid-19. Jikapun ada, sesuai prosedur maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab.

Di tempat yang sama, Camat Somba Opu, Agussalim, mengaku sangat berterima kasih kepada Pemkab Gowa atas diadakannya rapid test secara massal. Terlebih, Kecamatan Somba Opu merupakan episentrum penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gowa.

"Luar biasa perhatian Bapak Bupati Gowa yang telah melakukan rapid tes massal ini di pasar sentral Sungguminasa, khususnya di Kelurahan Sungguminasa. Semua pemilik los dan kios-kios kita arahkan rapid test pada hari ini," kata Agussalim.



Sementara itu, Sulastri, salah seorang pedagang Pasar Sentral Sungguminasa berharap penanganan kasus covid-19 di Kabupaten Gowa lebih baik lagi. Sehingga Gowa bisa secepatnya bebas virus corona dan warga bisa kembali beraktivitas normal.

Sekedar diketahui beberapa pasar lain yang akan disasar selama tiga hari ke depan yaitu Pasar Induk Minasa Maupa, Pasar Balang-balang, Bontonompo, Bontonompo Selatan, Bontoramba, Kampili dan Pasar Moncobalang.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)