TOPIK TERPOPULER

Tidak Hanya Baik untuk Mata, Ini 7 Manfaat Lain Konsumsi Buah Naga

Tim SINDOnews
Tidak Hanya Baik untuk Mata, Ini 7 Manfaat Lain Konsumsi Buah Naga
Buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Dikenal karena penampilannya yang unik, rasanya yang manis, teksturnya yang renyah dan nilai gizinya, buah naga merupakan buah tropis yang semakin populer belakangan ini.

Menurut sebuah studi penelitian di World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, buah naga kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, vitamin E dan mengandung banyak kalium, magnesium, seng, dan fosfor. Buah ini juga memiliki kalsium, tembaga dan zat besi. Nah, berikut ini manfaat konsumsi buah naga:



1. Baik untuk Kesehatan Mata
Buah naga merupakan sumber yang kaya vitamin A, vitamin esensial yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Adanya vitamin C dan flavonoid dalam buah naga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan tubuh dari infeksi berbahaya. Karena vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air, ia dapat membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

3. Sehat untuk Jantung
Kehadiran betaxanthins dan flavonoid dalam buah naga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah studi tahun 2004 menemukan bahwa buah naga mengandung betaxanthins yang mencegah kolesterol LDL (jahat) teroksidasi atau rusak. Ketika kolesterol LDL teroksidasi atau rusak, hal itu dapat menyebabkan penyakit jantung.

4. Memperlambat Penambahan Berat Badan
Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Gastroenterology and Hepatology menunjukkan, tikus yang diberi makan diet tinggi lemak menerima ekstrak buah naga yang menghasilkan lebih sedikit penambahan berat badan dan pengurangan lemak hati, peradangan dan resistensi insulin, berkat kehadiran betacyanin.

Baca Juga: Baik buat Jantung, Ini Deretan Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan



5. Menurunkan Resiko Kanker
Buah naga memiliki banyak antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas dan dapat mencegah kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa karotenoid dan betaxanthins yang ada dalam buah naga dapat menurunkan risiko kanker.

6. Sehat untuk Kulit
Karena buah naga kaya akan antioksidan, memakannya dapat membantu menjaga kulit Anda tetap kencang dan kencang, yang dapat membantu mempertahankan penampilan awet muda dan mencegah penuaan dini.

7. Membantu Mengobati Demam Berdarah
Bukti anekdotal menunjukkan bahwa mengonsumsi buah naga dapat membantu mengobati demam berdarah, yang kemungkinan disebabkan oleh aktivitas antivirus dari senyawa yang ditemukan dalam buah naga. Sebuah studi menemukan bahwa betacyanin dalam buah naga merah menunjukkan aktivitas antivirus melawan virus dengue tipe 2.

8. Meningkatkan Fungsi Otak
Mengkonsumsi buah naga dapat membantu meningkatkan fungsi otak Anda sesuai penelitian. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak buah naga merah membantu meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat.

Baca Juga: Skin Care Alami dari Buah Buahan yang Dikeringkan



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!