alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Bersenjata Lengkap Geledah Kantor Bupati Gowa

Herni Amir
Polisi Bersenjata Lengkap Geledah Kantor Bupati Gowa
Polisi bersenjata lengkap menggeledah kantor Bupati Gowa, Selasa (14/05/2019). Foto : SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Kantor Bupati Gowa digeledah Tim Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Polda Sulsel, Selasa (14/05/2019). Penggeladahan dilakukan terkait dugaan mark up harga pengadaan barang dan alat peraga dalam program Iman dan Taqwa Dinas Pendidikan Gowa tahun 2018 lalu.

Proyek tersebut diketahui menggunakan anggaran dengan nilai kontrak Rp5.5 miliar.

Penggeledahan sendiri dipimpin oleh Penyidik Tipidkor Polda Sulsel yakni Kasubdit Tipidkor Kompol Yudha Wirajati.



Pantauan SINDOnews, ada lima titik yang menjadi sasaran pemeriksaan, antara lain Ruang Kerja Kepala Dinas Pendidikan, Ruang Keuangan, Ruang Unit Layanan Pengadaan, Ruang Kerja Bupati Gowa, dan Rumah Jabatan Bupati Gowa.

Dalam penggeledahan itu, Tim dari Polda dikawal oleh brimob bersenjata lengkap laras panjang. Penggeledahan sendiri berlangsung sejak pukul 09.00 Wita.

"Saya dari ruang kerja bupati terkait imtaq tahun 2018. Di pengadaan alat peraga, nilai paket Rp5,5 miliar,"ungkap Kompol Yudha Wirajati.

Sementara itu, Dari ruang Kadis Pendidikan, Polisi mengamankan sejumlah dokumen dalam box plastik. Pelayanan pun dihentikan. Beberapa guru yang mendatangi Diknas, diarahkan untuk datang keesokan harinya.

"Saya juga kaget. Karena saya sedang mengaji. Tiba-tiba datang polisi,"ujar Kadis Pendidikan Gowa Salam.

Ditempat ini penggeledahan dilakukan hingga pukul 15.00 Wita denga mengamankan 15 berkas. Dia mengatakan, sebelum penggeledahan dilakukan, Polda Sulsel sebelumnya telah melakukan pemeriksaan sebanyak 5 kali terhadap perkara tersebut.

"Jadi beberapa minggu yang lalu, 4 sampai 5 kali Tipikor Polda memeriksa dokumen. Hari ini sudah tidak lagi memeriksa, tapi sudah penggeledahan,"jelasnya.

Meski demikian, Salam mengaku belum mengetahui bagaimana hasil penggeledahan tersebut. Dirinya meyakini tidak ada bentuk korupsi yang terjadi dalam proyek pengadaan barang program Imtaq 2018 tersebut.

"Dokumen-dokumen yang diambil itu ada 15 dokumen, saya kurang tahu persis dokumen apa itu. Sementara kita menunggu dulu hasil. Istilah korupsi dan segala macam belum sampai ke situ," tandasnya.

Sekretaris Kabupaten Gowa (Sekkab) Muchlis mengatakan, penggeledahan tersebut berkaitan dengan proyek pengadaan alat peraga program Iman dan Taqwa Dinas Pendidikan Gowa.

Polisi menggeledah mulai dari Ruang Kerja Kepala Dinas Pendidikan, Ruang Keuangan, Unit Layanan Pengadaan (ULP), serta ruang kerja Bupati Gowa.

Setelah penggeledan, pihaknya mendapat laporan terkait program Dinas Pendidikan yang dikaitkan dengan bagaimana proses pengadaan barang dan jasanya.

"Makanya polisi mendatangi juga ruang ULP, bukan hanya satu lokus yang didatangi,"katanya.

Sementara untuk ruang kerja Bupati Gowa, Muchlis mengaku belum mengetahui secara pasti apa kaitannya sehingga turut digeledah.

Ia melanjutkan, pengadaan barang dan jasa program imtaq ini memang bergulir di Polda Sulsel. Program tersebut, kata Muchlis, menggunakan anggaran tahun 2018. Namun dia tidak menghafal secara rinci berapa nilai anggarannya.

Selain itu, Muchlis juga mengaku belum mengetahui secara pasti berkas-berkas apa saja yang diambil. Ia mengaku belum menerima laporan saat ini.

"Kita hargai kalau ini (baca penggeledahan_red) sesuai prosedur. Dan mudah-mudahan memang sesuai prosedur," tandas Muchlis.

Akibat penggeledahan itu, program safari Ramadan Bupati Gowa dan wabup Gowa ditunda. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan semula dijadwalkan melakukan safari Ramadan hari kelima di Kecamatan Pattallassang dan Kecamatan Parangloe. Sementara Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni dijadwalkan mengujungi Kecamatan Manuju.

"Safari Ramadan untuk sementara tidak dilakukan hari ini menyusul adanya penggeledahan," pungkas Kabag Humas Pemkab Gowa Abdullah Sirajuddin.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook