alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Lebaran, Jalur Mudik di Sulbar Mulai Diperbaiki

Asrianto Suardi
Jelang Lebaran, Jalur Mudik di Sulbar Mulai Diperbaiki
Pemerintah melakukan perbaikan jalan Trans Sulawesi di Desa Botto, Kecamatan Campapalagian, Kabupaten Polman, jelang mudik lebaran tahun ini. Foto: Sindonews/Asrianto Suardi

POLMAN - Jelang arus mudik lebaran 2019, perbaikan jalan di jalur trans Sulawesi Barat (Sulbar) mulai dikerjakan. Seperti di salah satu titik di wilayah Desa Botto, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar.

Sejumlah kendaraan proyek seperti loader, stom walls tampak sedang bekerja memadatkan dan melakukan pengaspalan jalan di jalur ini.

Salah satu pengendara jalan yang melintas, Arif mengatakan, perbaikan ini sangat baik karena dikerja jauh hari sebelum mendekati puncak arus mudik. Meski demikian, ia mengusulkan agar jalan ini diperlebar lagi, mengingat kendaraan saat ini sudah sangat padat.



"Kalau bisa diperlebar jalannya, karena pasti sangat padat kendaraan pemudik kalau sudah mau Lebaran," kata pengendara tujuan Pasangkayu ini.

Supriyanto, Inspektor dari PT Arsi mengatakan, perbaikan jalur mudik ini sepanjang 69 kilometer, yang mulai dari perbatasan Kabupaten Majene hingga ke Desa Paku, Kecamatan Binuang yang merupakan batas wilayah perbatasan antara Provinsi Sulawesi Barat dengan Sulawesi Selatan.

Perbaikan jalur ini terdapat dua season, yakni season pertama sepanjang 2,9 meter sedangkan segmen kedua 1,5 kilo meter, lebar tujuh meter, jenis perbaikan jalur ini yakni jenis AC/BC (pengerasan dan pengaspalan).

Untuk merampungkan proyek perbaikan jalan ini mencapai sesuai dengan targetnya, petugas terpaksa mengebut pengerjaannya, dengan cara melakukan pengerjaan hingga malam hari.

"Biasanya kami bekerja jam 8 pagi sampai malam, bahkan sampai jam 2 dini hari. Karena ini harus selesai sesuai dengan target," terangnya, Rabu (15/5/2019)

Tampak kendaraan menumpuk akibat hanya satu lajur yang dapat digunakan. Untuk mengurai kemacetan, petugas yang mengatur lalu lintas memberlakukan sistem buka tutup jalur. Jalan lintas barat ini merupakan jalan penghubung antar provinsi Sulawesi barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

Jalur mudik ini diprediksi akan rampung H-10 sebelum lebaran agar dapat dilalui oleh kendaraan pemudik yang ingin pulang berlebaran ke kampung halaman masing-masing. Para pengendara yang melintas dihimbau agar harus ekstra hati-hati dan mengurangi kecepatan kendaraan nya karena jalanan licin setelah dilakukan pengaspalan.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook