Survei FIXPOLL, Elektabilitas Appi-Rahman Terus Meroket dan Ungguli Paslon Lain

Minggu, 06 Desember 2020 - 16:43 WIB
loading...
Survei FIXPOLL, Elektabilitas Appi-Rahman Terus Meroket dan Ungguli Paslon Lain
Direktur Riset FIXPOLL, Muhammad Annas memaparkan hasil survei lembaganya terhadap kecendrungan masyarakat Makassar terhadap pilwalkot 2020. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pasangan Munafri Arifuddin-Rahman (Appi-Rahman) kembali diprediksi memenangkan pilwalkot Makassar 2020 . Prediksi ini tergambar dari hasil survei elektabilitas yang dirilis FIXPOLL di Hotel Melia, Jalan Andi Mappanyukki, Sabtu (5/12/2020) kemarin. Di survei terbaru, elektabilitas Appi-Rahman kembali melejit dan mengungguli paslon lainnya.

Hasil survei FIXPOLL menunjukkan pasangan Moh Ramdhan "Danny" Pomanto-Fatmawati Rusdi mendapatkan elektabilitas 34,1 persen, Munafri Arifuddin-Rahman Bando 37,6 persen, Syamsu Rizal-Fadli Ananda 11,4 persen dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun 4,6 persen. Responden yang menolak menjawab sebesar 11,1 persen.



Survei elektabilitas ini menggunakan metode simulasi kertas suara. Responden diminta untuk mencoblos atau mencontreng kertas suara.

Sedangkan survei menggunakan metode pertanyaan langsung, Appi-Rahman juga unggul atas paslon lainnya. Dengan persentase elektabilitas 38,5 persen. Lalu Danny-Fatma 34,6 persen, Syamsu Rizal-Fadli Ananda 11,6 persen dan Irman-Zunnun 4,7 persen. Dengan responden yang menolak menjawab 10,6 persen.

“Survei elektabilitas ini direkam mulai 18 hingga 23 November 2020 lalu. Dengan sampel 840 responden dan margin of error 3,5 persen,” terang Direktur Riset FIXPOLL, Muhammad Annas.



Annas melanjutkan, FIXPOLL memulai survei 11 hari setelah pelaksanaan debat publik pertama pilwalkot Makassar 2020. Menurut Annas, ada lima hal yang dipotret FIXPOLL dalam survei ini. Pertama bagaimana tanggapan masyarakat tentang hasil debat. Yang kedua memotret salah satu paslon yang pernah menjabat sebagai wali kota Makassar.

Ketiga, memotret tren elektabilitas masing-masing paslon. Keempat, memotret strong voters masing-masing paslon. Kelima, memotret terkait politik uang di pilwalkot Makassar .

Berdasarkan survei FIXPOLL, elektabilitas Appi-Rahman di bulan September lalu ada di angka elektoral 32,1 persen. Sementara Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi masih teratas yakni 36,3 persen. Di survei terbaru ini, Appi-Rahman sudah berbalik unggul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)