alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pelindo IV Target 3.000 Peserta Mudik Gratis pada Tahun Ini

Marhawanti Sehe
Pelindo IV Target 3.000 Peserta Mudik Gratis pada Tahun Ini
ILUSTRASI. PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menargetkan 3.000 orang untuk mengikuti Program Mudik Gratis pada Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah mendatang. Foto: SINDOnews/Dok

MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menargetkan 3.000 orang untuk mengikuti Program Mudik Gratis pada Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah mendatang.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang, mengatakan, tahun ini pihaknya menyiapkan 21 pelabuhan untuk pelaksanaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 H, termasuk di dalamnya Pelabuhan Makassar.

“Pada Program Mudik Gratis tahun ini, kami menyiapkan 88 bus dan 27 kapal cepat. Dengan peserta mudik yaitu penumpang kapal laut dan masyarakat sekitar pelabuhan,” kata Farid, Rabu (15/5/2019).



Kegiatan embarkasi (keberangkatan) terbanyak melalui Pelabuhan Makassar, Balikpapan, Ambon, Parepare, Kendari dan Nunukan sebanyak 386.619 orang.

“Sedangkan debarkasi (kedatangan) terbanyak melalui Pelabuhan Makassar, Parepare, Balikpapan, Ambon dan Kendari sebanyak 324.657 orang,” jelasnya.

Dia juga memaparkan realisasi mudik Hari Raya Idul Fitri tertinggi melalui Pelabuhan Makassar, Balikpapan dan Parepare sejak tahun 2017. “Tahun 2017 total 634.392 penumpang, tahun lalu 711.276 penumpang dan tahun ini diestimasi sebanyak 756.549 penumpang,” imbuhnya.

Pihaknya juga membentuk tim internal PT Pelindo IV untuk melakukan pemantauan atau pengawasan langsung di lapangan, yakni penambahan personel untuk pengaturan lalu lintas di dalam areal pelabuhan.

Kemudian, penambahan personel untuk pelayanan Departure Control System (DCS) untuk kegiatan check in penumpang. Serta perekrutan tenaga relawan atau Operasi Senyum Lebaran sesuai kebutuhan di cabang.

Dari sisi fasilitas pelabuhan lanjut Farid, pihaknya juga melakukan kesiapan pada berbagai fasilitas pelabuhan, yakni tambatan kapal penumpang, jalur embarkasi dan debarkasi, terminal penumpang, lahan parkir, posko, ruang kesehatan, ruang menyusui dan tenda tambahan.



(kem)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook