alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wabup Paparkan 5 Arah Pembangunan Gowa, Fokus Infrastruktur

Herni Amir
Wabup Paparkan 5 Arah Pembangunan Gowa, Fokus Infrastruktur
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf saat melakukan Safari Ramadhan di Kecamatan TInggimoncong. Foto: Istimewa

SUNGGUMINASA - Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni memaparkan 5 arah pembangunan Kabupaten Gowa pada 2019.

Dia mengatakan, 5 program prioritas itu masing-masing pembangunan bidang pendidikan, bidang kesehatan, keagamaan, bidang infrastruktur dan bidang usaha mikro kecil menengah.

"Namun pada tahun 2019 Pemkab Gowa akan fokus pada bidang Infrastruktur tanpa mengabaikan bidang lain," ungkapnya saat Safari Ramadhan di Kecamatan Tinggimoncong.



Abd Rauf Malaganni sendiri beserta rombongan melaksanakan buka puasa bersama di Gedung Gelora Pancasila, Jalan Sultan Hasanuddin Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong.

Dia menjelaskan, salah satu program yang akan didorong untuk menekan angka pengangguran di Gowa yaitu mengagas program pengembangan UMKM di setiap desa/kelurahan dengan target akan muncul pelaku usaha-usaha baru yang akan menyerap tenaga kerja baru.

"Sementara di bidang kesehatan, dibangun 26 puslesmas rawat inap dan penyelesaian bangunan RS Syekh Yusuf berlantai tujuh," ujarnya.

Kepala Dinas PUPR Gowa Mundoap menjelaskan, persoalan insfrastruktur dalam hal ini jalan, pemerintah telah mengalokasikan 20 persen dari APBD 2019. Hanya saja, meski pihaknya telah menganggarkan dana perbaikan dan pembangunan jalan, pengerjaannya tidak bisa mencakup seluruhnya.

Adapun panjang jalan yang ada di daerah berjuluk Butta bersejarah mencapai 2.239 kilometer, sedangkan dana yang dianggarkan hanya bisa mencakup 1.200 kilometer saja.

"Makanya pengerjaan jalan yang kita prioritaskan adalah jalan penghubung antara desa, dan kelurahan," terangnya.

Karena itundia menegaskan, masyarakat juga harus mengetahui beberapa jalan di Gowa secara keseluruhan bukan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Karena ada beberapa jalan adalah jalan nasional dan jalan ruas provinsi.

"Masyarakat harus tahu juga kewenangan pemerintah terkait perbaikan jalan ini. Karena ada kewenangan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Inilah yang diharapkan bisa jalan dengan seimbang," harapnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook