alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dinkes Turun ke Sejumlah Titik, Awasi Takjil Berbahan Pengawet

Darwiaty Dalle
Dinkes Turun ke Sejumlah Titik, Awasi Takjil Berbahan Pengawet
Petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Parepare melakukan sidak panganan berbuka puasa di sejumlah titik di Kota Parepare. Foto : SINDonews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Parepare melakukan sidak panganan berbuka puasa di sejumlah titik di Kota Parepare.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare Iwan Asaad mengatakan, pengawasan dan pemeriksaan penganan atau aneka kue sebagai menu berbuka puasa selama ramadan tersebut, dimaksudkan untuk memastikan penganan yang dikonsumsi masyarakat tidak mengandung zat berbahaya, termasuk kebersihan makanan.

Pihaknya, kata Iwan, akan melakukan pembinaan, pengawasan dan pemeriksaan takjil atau jajanan di bulan suci Ramadhan dengan menyisir lokasi kawasan penjual takjil, seperti di jalan Veteran, Pasar Sumpang, Jalan Agussalim, Perumnas Lompoe serta dagangan takjil yang ada di kawasan Carlos dan sekitarnya.



"Pengawasan kita lakukan selama tiga hari," jelas Iwan yang juga Sekkot Parepare.

Dalam kegiatan tersebut, kata Iwan, dilakukan inspeksi, pengambilan sampel, pemeriksaan lab dan pembinaan, serta penyuluhan terkait masalah kesehatan makanan atau jajanan.

"Kita berharap, pengawasan yang dilakukanke depan lebih meningkatkan kualitas takjil atau penganan yang dijajakan para pedagang di Parepare,"

Sementara Hasnah, salah seorang pedagang kue basah di Pasar Sumpang mengakku sempat kaget ketika didatangi dan dimintai sampel beberapa kue yang dijajakan, oleh petugas Dinkes. Namun kata dia, kue-kue yang diolahnya sendiri, terbuat dari bahan-bahan yang khusus untuk makanan.

"Kita tidak pakai pengawet karena selain bahaya apalagi kami juga komsumsi sendiri, juga karena dagangan kami selalu habis setiap harinya," tandasnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads