alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Gowa Diperiksa Polisi, Enam Jam Dicecar 25 Pertanyaan

Herni Amir
Bupati Gowa Diperiksa Polisi, Enam Jam Dicecar 25 Pertanyaan
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menjalani pemeriksaan sekitar 6 jam di kantor Polres Gowa, Jumat (17/05/2019). Foto : SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menjalani pemeriksaan sekitar 6 jam di kantor Polres Gowa, Jumat (17/05/2019). Pemeriksaan itu terkait kasus pembangunan Kota Idaman di Kecamatan Pattalassang.

Adnan yang hadir mengenakan baju batik biru Syekh Yusuf dipadu celana kain hitam itu, memberi keterangan sejak pukul 10.00 Wita dan berakhir pada pukul 18.00 Wita di gedung merah putih Polres Gowa.

Putra Ichsan Yasin Limpo itu datang dengan mengendari mobil Toyota Alphard bernomor polisi DD 365 BS.



Dia mengatakan, kehadirannya kali ini untuk memberikan penjelasan sebagai saksi atas perannya dalam memberikan perpanjangan izin lokasi pembangunan Kota Idaman pada 2018 lalu.

Dalam pemeriksaan cukup panjang itu, orang nomor satu di Gowa ini mengaku dicecar 25 pertanyaan oleh penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Gowa.

"Saya diperiksa sebagai saksi Kota Idaman karena menerbitkan perpanjangan izin lokasi. Izin lokasi itu yang dikonfirmasi hari ini," imbuh Adnan.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Gowa Iptu Muh Rivai menuturkan, Adnan kooperatif kepada penyidik dalam pemeriksaan tersebut.

Bahkan Adnan hadir memberikan klarifikasi cukup dengan pemanggilan pertama.

Dalam kasus ini polisi telah menetapkan enam orang tersangka. Diantaranya Kepala Desa Panaikang Kecamatan Pattalassang Ismail Gannari Dg Malli (43 tahun), Mantan Kepala Dusun Jennetallasa Desa Panaikang Saparuddin Dg Lanti' (46 tahun).

Gannari dan Saparuddin dijerat pasal Pasal 263 ayat (1) KUHP dan atau Pasal 263 ayat (2) KUHP dan atau Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP jo Pasal 56 KUHP.

Keduanya diketahui membuat surat Ipeda Palsu atau rincik tanah palsu. Pemalsuan tersebut dilengkapi dengan dokumen yang memuat keterangan palsu dalam Surat Keterangan garapan, dan surat pernyataan pelepasan hak atas tanah atas lahan milik PTPN XIV di Pattalassang.

Adapun luas tanah yang dibebaskan oleh kepala desa seluas 110 Ha dari 313 ha lahan milik PTPN XIV berdasarkan GS (gambar situasi). Dari luasan itu, 64 Ha yang sudah ditransaksikan.

Ada pula dua mantan Camat Pattallassang, yaitu Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdastri) Andi Sura Suaib dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga M Fajaruddin.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads