alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pastikan Beli S-400 Rusia, Erdogan: Kita Tetap Menerima Jet F-35

Agus Nyomba
Pastikan Beli S-400 Rusia, Erdogan: Kita Tetap Menerima Jet F-35
Sistem Rudal Pertahanan Udara milik Rusia S-400 akan segera dikirim ke Ankara. Foto: Istimewa

ANKARA - Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan Ankara tetap membeli S-400 milik Rusia, dan juga akan mendapat F-35 dari Amerika Serikat (AS).

Hal ini diungkapkan Erdogan saat sesi tanya jawab di televisi dengan mahasiswa di Istanbul. Bahkan ia menyebut pihaknya berharap pengiriman sistem pertahanan udara dari Rusia tersebut bisa dikirim pada Juli nanti.

“Kami sudah selesai dengan S-400. Sama sekali tidak ada pertanyaan untuk melangkah mundur pada S-400. Ini adalah sistem pertahanan, bukan sistem serangan,” kata Erdogan



Ia menjelaskan bahwa perangkat keras militer Rusia ditawarkan dengan syarat yang sangat menguntungkan dan tanpa ikatan, Erdogan menekankan bahwa Ankara juga berpotensi mencari untuk memperoleh sistem S-500 generasi berikutnya, atau bahkan terlibat dalam kemitraan produksi bersama, begitu Rusia menyelesaikan pengembangan sistem rudal permukaan-ke-udara seluler terbarunya.

Kesepakatan pertahanan 2,5 miliar dolar dengan Moskow membuat Washington marah, yang mengancam Ankara dengan semua jenis sanksi, sambil menawarkan untuk mengganti sistem Rusia dengan sistem Patriot yang tidak diterima Ankara.

Pada saat yang sama, Washington mengancam akan memblokir pengiriman sekitar 100 jet F-35 yang dibeli oleh Turki, dan menghentikan partisipasinya dalam program F-35. Ankara, yang telah menginvestasikan sekitar 1,25 miliar dolar dalam program triliun dolar, adalah mitra vital, yang memproduksi bagian-bagian badan pesawat, roda pendarat, dan tampilan kokpit untuk jet-jet itu.

Ankara berulang kali mengecam diplomasi paksa Washington, menekankan bahwa negara itu bukan "budak" untuk menari ke AS ketika datang untuk melindungi kedaulatan negara.

Namun demikian, Erdogan mengatakan, dia tidak ragu bahwa jet siluman akan dikirimkan.

"Mereka [AS] mengoper bola di lini tengah sekarang, menunjukkan keengganan," kata presiden.

“Tapi cepat atau lambat, kita akan menerima F-35. Tidak mengirimkannya bukan pilihan,” tukasnya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads