Pabrik Beras Kapasitas Satu Juta Ton Bakal Dibangun di Luwu Utara

Selasa, 08 Desember 2020 - 09:12 WIB
loading...
Pabrik Beras Kapasitas Satu Juta Ton Bakal Dibangun di Luwu Utara
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menandatangani MOU dengan Pimpinan Perum Bulog Wilayah Sulselbar Eko Pranoto, Senin (7/12/2020). Foto: Istimewa
A A A
MASAMBA - Modern Rice Milling Plant (MRMP) atau Pabrik Beras Modern berkapasitas satu juta ton segera dibangun di Desa Cendana Putih I, Kecamatan Mappideceng, Kabupaten Luwu Utara .

Saat ini, proyek dengan pagu senilai Rp80 miliar itu sudah dalam tahap lelang. Pembangunan rencananya dilakukan awal 2021 mendatang.

Bupati Luwu Utara , Indah Putri Indriani melakukan penandatanganan MOU dengan Pimpinan Perum Bulog Wilayah Sulselbar Eko Pranoto di Kantor Bupati Luwu Utara , Senin (7/12/2020).

Dalam MOU tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara meyerahkan sebidang tanah hibah kepada Perum Bulog, dengan luas 42.480 meter persegi yang terletak di Desa Cendana Putih I, Kecamatan Mappedeceng, Kabupaten Luwu Utara .

"Sudah dalam tahap lelang, pagunya itu Rp80 miliar, yang sumbernya dari dana Penyertaan Modal Negara (PMN)," kata Eko Pranoto.



Dia menambahkan, pembangunan fisik MRMP tersebut dimulai pada awal tahun 2021, dengan masa pembangunan selama delapan bulan. Pabrik Beras Modern itu nantinya akan memiliki kapasitas satu juta ton gabah kering panen (GKP) per tahun.

Pengembangan infrastruktur pascapanen ini dapat menurunkan susut pascapanen, meningkatkan kuantitas serapan gabah, dan meningkatkan kualitas hasil panen gabah.

"Pabrik modern ini bisa memproduksi beras enam ton perjam, dan bisa memenuhi kebutuhan beras di wilayah timur Indonesia. Tantu dengan kehadiran MRMP ini yang paling diuntungkan adalan petani, karena nilai tukar petani juga pasti akan naik dari angka sebelumnya," ungkap Eko Pranoto.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)