alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Keluarga Bupati Melenggang ke Senayan Disebut Caleg 'Oplosan'

Luqman Zainuddin
Keluarga Bupati Melenggang ke Senayan Disebut Caleg Oplosan
Direktur Jenggala Centre, Syamsuddin Radjab. Foto: Luqman Zainuddin/SINDOnews

MAKASSAR - Direktur Jenggala Centre, Syamsuddin Radjab mengatakan ada beberapa calon anggota legislatif (caleg) DPR RI asal Sulsel yang melenggang ke senayan merupakan caleg oplosan.

Caleg tersebut diakui merupakan pendatang baru yang memiliki kedekatan emosional dengan kepala daerah, seperti anak, saudara, istri hingga keluarga.

"Kita sudah memprediksi bahwa caleg oplosan akan banyak lolos pada Pileg 2019 kali ini. Ada 14 new comer's (pendatang baru), rata-rata memiliki irisan dengan pejabat daerah, baik isteri mau pun anak dari pejabat daerah atau bupati yang sedang menjabat," kata Syamsuddin di Makassar, Minggu (19/05/2019).



Menurutnya, mereka caleg oplosan ini disokong oleh kekuasaan kepala daerah supaya terpilih. Tidak didukung oleh pertimbangan kualitatif.

"Ini menandakan, tidak hanya mendukung keluarga sebagai caleg dari partai berbeda, tapi menggunakan instrumen negara, untuk mendorong keluarga, untuk duduk di parlemen," sambung Olleng, sapaan Syamsuddin Radjab.

"Kalau orangĀ  yang lolos itu tak punya pengalaman, tak punya kualitas akademik dan pengalaman di bidang pemerintahan dan politik. Maka akan sulit kita berharap bahwa dia akan menjadi lawan tanding sebanding pemerintah," beber dia.

Dia menambahkan, fenomena ini merupakan upaya memuluskan politik oligarki. Kekuasaan akan dikuasai klan tertentu. Padahal, pada konteks politik lokal Sulsel, politik oligarki sudah terkikis.

Dari penelusuran SINDOnews, dari 24 nama caleg DPR RI asal Sulsel yang lolos punya kedekatan dengan kepala daerah. Seperti, Hasnah Syam yang merupakan isteri Bupati Barru, Suardi Saleh yang maju di Dapil Sulsel II lewat partai NasDem.

Kemudian Muh Dhevy Bijak yang juga merupakan anak dari Bupati Luwu, Syukur Bijak. Ia lolos ke Senayan dari Dapil Sulsel III lewat partai Demokrat.

Selanjutnya, Mitra Fachruddin MB dari PAN yang merupakan putra dari Bupati Enrekang, Muslimin Bando.

Caleg lainnya yang punya hubungan dengan kepala daerah adalah M Fauzi dari Golkar. Caleg Dapil Sulsel III itu adalah suami Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook