alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Fachruddin Rangga Calon Kuat Ketua DPRD Sulsel 2019-2024

Luqman Zainuddin
Fachruddin Rangga Calon Kuat Ketua DPRD Sulsel 2019-2024
GEDUNG DPRD SULSEL. Jumlah keterpilihan Caleg partai Golkar di Pileg 2019 dipastikan mengunci kursi Ketua DPRD Sulsel periode 2019-2024. Foto: Dok/SINDOnews

MAKASSAR - Jumlah keterpilihan calon anggota legislatif (Caleg) partai Golkar di Pileg 2019 dipastikan mengunci kursi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel periode 2019-2024.

Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi, Golkar merebut 13 kursi dari 85 kouta kursi di DPRD Sulsel.

Untuk mengisi kursi ketua dewan itu akan diputuskan oleh DPP Golkar di Jakarta meski pun DPD I Golkar Sulsel mengajukan nama calon ketua.



"Ada POnya (Peraturan Organisasi) dan diputuskan oleh DPP Golkar atas usulan DPD I Provinsi Sulsel," kata Juru Bicara DPD I Golkar Sulsel, Muhammad Risman Pasigai, Minggu (19/05/2019).

Ada pun syarat untuk menjadi calon ketua DPRD Sulsel yang diatur dalam PO Golkar, salah satunya seperti memiliki kapasitas pimpinan partai, DPD II kabupaten/kota.

Syarat umum lainnya, kata Risman Pasigai adalah pengalaman.

"Saya belum liat secara jelas (syarat-syaratnya). Yang pasti, pimpinan partai dan punya pengalaman itu yang secara umum," kata dia.

Jika merujuk pada dua syarat tersebut, calon ketua DPRD Sulsel dari Golkar bisa mengerucut ke segelintir caleg. Pertama, Fachruddin Rangga yang merupakan petahana, sekaligus Ketua DPD II Kabupaten Takalar.

Caleg lainnya yang punya peluang seperti Sofyan Syam. Dia pun merupakan petahana DPRD Sulsel. Kemudian Ina Kartika yang juga merupakan petahana.

Sementara, sebagian besar dari 13 kader Golkar yang mengisi kursi di DPRD Sulsel adalah pendatang baru. Diantaranya Rahman Pina, Debbi Purnama, Ayu Andira, Andi Izman Maulana, hingga Ketua DPRD Sidrap yang sukses naik kelas, Zulkifli Zain.



(bds)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads