alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tentang Klaim Beijing, Kapal Perang AS Berlayar ke Laut China

Agus Nyomba
Tentang Klaim Beijing, Kapal Perang AS Berlayar ke Laut China
Kapal Perusak AS yakni USS Preble (DDG-88) berlayar menuju Laut China, meski terus diperingatkan Beijing. Foto: Istimewa

BEIJING - Sebuah kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) Arleigh Burke, berlayar di sebelah kawanan yang disengketakan di Laut China Selatan.

Langkah ini mengabaikan peringatan berulang dari Beijing, untuk menjauhi wilayah itu di tengah meningkatnya ketegangan antara dua negara adidaya ekonomi.

Pada hari Minggu, USS Preble (DDG-88), dipersenjatai dengan rudal Tomahawk, berlayar di sepanjang Scarborough Shoal di Laut Cina Selatan, untuk "menantang" klaim raksasa Asia itu atas wilayah tersebut.



Washington telah berulang kali menolak untuk memperoleh protes Tiongkok tentang serangannya ke laut, dengan mengutip prinsip kebebasan navigasi.

"Preble berlayar dalam jarak 12 mil laut dari Scarborough Reef untuk menentang klaim maritim yang berlebihan dan menjaga akses ke saluran air sebagaimana diatur oleh hukum internasional," kata Komandan Clay Doss, Juru Bicara Armada Ketujuh seperti dikutip di Russia Today, Senin, (20/05/2019).

Navigasi Preble, yang begitu dekat dengan Karang Scarborough, kemudian dikutuk oleh Beijing. Menteri Luar Negeri China Lu Kang mengatakan, kementerian itu sangat mendesak AS untuk berhenti mengirim kapal perangnya ke kawasan itu, menyebut mereka tindakan provokatif.

Insiden hari Minggu menandai intrusi AS kedua ke Laut China Selatan bulan ini. Pada 6 Mei, USS Chung-Hoon berlayar dalam jarak 12 mil laut dari Gaven dan Johnson Reefs di Kepulauan Spratly, memicu respons kuat dari China.

"Tindakan yang relevan dari kapal perang AS melanggar kedaulatan China dan merusak perdamaian, keamanan dan ketertiban di wilayah laut yang relevan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang.

Tindakan berani Washington mengikuti pengumuman Cina pekan lalu bahwa ia akan mengenakan tarif atau hingga 25 persen pada produk-produk Amerika senilai 60 miliar dolar, sebagai balasan atas pungutan Donald Trump atas barang-barang China senilai 200 miliar dolar.

Perjalanan Preble ke jalur air yang disengketakan juga bertepatan dengan latihan-latihan angkatan laut bilateral menjadi pahlawan di Laut Cina Selatan oleh Angkatan Laut India dan Singapura. Latihan-latihan itu akan berakhir pada hari Rabu.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads